x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik P2 (Narmada-Batu Kumbung) Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat

Narmada - Konsultasi Publik bertujuan untuk memberikan informasi dan sebagai wahana menampung aspirasi masyarakat sekitar paket pekerjaan terkait akan dilakukannya pekerjaan pemeliharaan jalan. Disamping itu, kegiatan ini dilakukan untuk mengsikrronkan paket pekerjaan PRIM dengan keinginan masyarakat dan mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam pengawasan pekerjaan tersebut. Kegiatan Konsultasi Publik Paket Penanganan P2 oleh PRIM dilaksanakan di Aula Kantor Camat Narmada pada hari Senin, 05 Juni 2017 pukul 13.00 – 15.30 WITA. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang yang terdiri dari Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Narmada, Kasi Perencanaan Teknis dan Pengendalian Bidang Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Ketua Pokja FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, Tim PIUC Kabupaten Lombok Barat, Konsultas Supervisi, Kontraktor, unsur desa, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, serta anggota FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Konsultasi Publik di Kecamatan Narmada dibuka oleh Ni Luh Putri Utami, ST., MT., Msc selaku Kasi Perencanaan Teknis dan Pengendalian Bidang Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat pada pukul 13.30. Beliau menyampaikan bahwa konsultasi pubik ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dari semua stakholder dan masyarakat terkait dengan paket penanganan P2. Masyarakat ikut terlibat langsung dalam mengawal serta mengawasi paket pekerjaan tersebut karena masyarakat sekitar yang paling mengatahui tentang kondisi jalan tersebut.

Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Narmada mengucapkan terimakasih atas pekerjaan paket P2 penanganan jalan di Kecamatan Narmada oleh PRIM. Beliau mengharapkan agar semua keinginan seluruh pihak dapat tercapai berkat adanya pekerjaan tersebut.

Ni Luh Putri Utami, ST., MT., Msc selaku Kasi Perencanaan Teknis dan Pengendalian Bidang Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat memberikan gambaran sekilas terkait dengan paket RIM. Program PRIM merupakan penanganan jalan yang dibiayai setengah oleh Pemerintah Australia, tetapi dalam pekerjaannya Pemerintah Daerah harus mengeluarkan dana 100% terlebih dahulu. Setelah pekerjaan tersebut selesai, Pemerintah Australia akan melakukan verifikasi apakah pekerjaan tersebut telah sesuai kriteria atau belum. Jika telah memenuhi kriteria yang telah dtetapkan pada PMM Amandemen PRIM, Pemerintah Daerah mendapatkan dana hibah sebesar 40% dari nilai keseluruhan proyek tersebut. Paket penanganan PRIM untuk Lombok Barat terbagi menjadi 3 yaitu:

  • P1 : Montong Buwuh - Lendang Bajur
  • P2 : Narmada – Batu Kumbung sert 37 ruas untuk pemeliharaan rutin
  • P3 : Swakelola

IAO Suwati Sideman, ST., MSc memaparkan tentang gambaran umum Forum LLAJ yang telak terbentuk di Kabupaten Lombok Barat. Belau menyamaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) FLLAJ, salah satunya adalah SOP Keluhan Masyarakat. Dalam akhir paparannya, beliau menyampaikan media pengaduan yang dapat di gunakan masyarakat untuk memberikan aduan/keluhan/laporan terkait dengan masalah jalan raya atau lalu lintas.

Paparan terkait dengan Program PRIM disampaikan oleh Davey Kusmayadi selaku tim PIUC Kabupaten Lombok Barat. Beliau menjelaskan bahwa PRIM adalah proyek percontohan jalan yang sebagiannya didanai oleh Pemerintah Australia. Tetapi sebelumnya Pemerintah Daerah harus menyiapkan dana penuh terlebih dahulu untuk mengerjakan paket penanganan jalan tersebut. Apabila telah selesai, pemerintah Australia akan mengecek atau memverifikasi pekerjaan tersebut apakah telah memenuhi syarat yang telah ditentukan sebelumnya atau belum. Jika hal tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang dimaksud, pemerintah Australia memberikan dana hibah sebesar 40% dari keseluruhan nilai proyek tersebut. Dalam paparannya, beliau menjelaskan pula terkait dengan permasalahn jalan di Indonesia, kondisi jalan daerah, tugas utama PRIM, lingkup pekerjaan paket program PRIM, serta Undang-Undang Perlindungan Anak.

Konsultasi Pengawas dari PT. Pola Agung Consultant memberikan pemaparan teknis terkait dengan paket penangan P2 Narmada – Batu Kumbung. Paket II (Dua) Rehabilitasi / Pemeliharaan Jalan Kabupaten (PRIM) Ruas Jalan Narmada - Batu Kumbung,  Pemeliharaan Rutin dan BMW (Backlog and Minor Works) Jalan Kabupaten (38 Ruas) dengan total panjang penanganan 72 km. Paket P2 Pekerjaan Penanganan Jalan dilaksanakan selama 165 hari kalender sejak tanggal 02 Juni 2017 s.d 13 November 2017 dengan nilai pekerjaan Rp 13.039.999.000 oleh Kontraktor Pelaksana PT. Karya Tama Nusa dan Konsultas Supervisi PT. Pola Agung Consultant. Lingkup pekerjaan yang akan ditangani adalah Pekerjaan Utama, Pengembalian Kondisi & Minor, serta Pekerjaan Pemeliharaan Rutin.

Pemaparan dari Kasi Perencanaan Teknis dan Pengendalian Bidang Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Ketua Pokja FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, PIUC Kabupaten Lombok Barat, dan Konsultan Supervisi, (PT. Pola Agung Consultant) diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan dari para peserta Konsultasi Publik. Segala bentuk masukan serta pertanyaan telah ditanggapi dan ditampung oleh Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Konsultan Supervisi, dan Kontraktor dengan tetap mengacu pada volume kontrak pekerjaan tersebut.