x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

FLLAJ Kabupaten Lombok Barat Menghadiri Coffee Morning Perkenalan Tim PIUC

Mataram - Sesuai dengan agenda rutin mingguan yang biasa dilakukan TP3J, pada minggu ke 2 bulan Juli dilaksanakan coffee morning pada hari Rabu, 12 Juli 2017 pada pukul 09.00 Wita s.d selesai beretmpat di Aula Projoliwa Bidang Bina Marga Dinas PU Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam kegiatan coffee morning pada minggu ini dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Prov NTB, Kepala Balai Jalan Lombok, TP3J, PRIM-PIUC, serta FLLAJ Provinsi NTB maupun Kabupaten Lombok Barat.

Coffee Morning pada minggu ini beragendakan perkenalan Tim PIUC dari Australia serta item verifikasi yang wajib dipenuhi oleh Dinas PU dan FLLAJ baik Prov. NTB maupun Kabupaten Lombok Barat pada bulan November 2017 untuk mendapatkan hibah maksimum dari Pemerintah Australia.

L. Sahabbudin memperkenalkan tim PIUC yang berasal dari Australia serta jabatan mereka serta mempersilakan mereka untuk menyampaikan sepatah maupun dua patah kata kepada tamu yang hadir. Salah satunya yaitu Mr. Peter, beliau mengatakan bahwa Provinsi NTB akan menjadi percontohan bagi provinsi-provinsi lainnya dalam hal penanganan jalan yang baik. Sehingga, akan banyak provinsi yang akan datang ke NTB untuk belajar mengenai hal tersebut.

I Wayan Suteja selaku Ketua Pokja FLLAJ NTB menyampaikan keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai oleh FLLAJ Provinsi NTB sebagai wahana koordinasi lintas sektor antar instansi penyelenggara jalan yang memerlukan keterpaduan dalam merencanakan, menyelenggarakan dan penyelesaian masalah-masalah lalu lintas dan jalan di seluruh wilayah Provinsi NTB. Koordinasi lintas sektor untuk infrastruktur jalan dan lalulintas angkutan jalan sangat berguna untuk mengetahui perkembangan suatu ruas jalan yang mencakup aspek pelayanan, aspek manfaat, aspek hukum, aspek keselamatan teknis, aspek pembiayaan, aspek kesesuaian bangunan pelengkap, aspek kebutuhan perlengkapan jalan, aspek bangunan utilitas, dan pemanfaatannya, juga koordinasi ini dapat memberikan bantuan dalam melaksanakan tertib penyelenggaraan jalan dengan mewujudkan fungsi jalan yang baik, mantap dan berkseselamatan.

Adapun item verifikasi Tahap II November Tahun 2017 - pencairan hibah untuk dana insentif institusi setinggi-tingginya 50% dari Rop 1.300.000.000 dan penggantian dari dana hibah untuk Konstruksi yang telah terverifikasi dengan nilai setinggi-tinggnya sejumlah sisa hibah yang telah ditetapkan dalam SPPH 2017. Verifikasi atas pencapaian output, sebagai berikut:

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat.

  1. Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ)
  • Website FLLAJ setiap bulan telah dimutakhirkan dengan konfirmasi untuk status bulan Oktober 2017.
  • FLLAJ telah melaksanakan rapat bulanan untuk bulan Juni-Oktober 2017, ada agenda dan notulen rapat.
  • Laporan Triwulan II (April-Juni 2017) dan Triwulan III (Juli-September 2017) berisi keluhan/masukan dari masyarakat serta tindak lanjut atas keluhan tersebut, Notulen Rapat Bulanan, hasil konsultasi publik, monitoring kegiatan PRIM dan evaluasi hasil KRMS.
  • FLLAJ telah melaksanakan review dan memberikan masukan atas hasil KRMS untuk usulan Program Tahun Anggaran 2018 dan ada laporannya.
  • Sebagai independen asesor, FLLAJ telah melaksanakan monitoring atas Paket Kontrak PRIM termasuk pemeliharaan rutin dengan swakelola dan ada laporan
  • Program kerja FLLAJ untuk tahun 2018 telah tersedia dan telah diusulkan kepada Bappeda.
  • Dokumen RKPD dan KUA/PPAS 2018 untuk kegiatan FLLAJ.
  1. Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat
  • Ketersediaan staf teknik Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat sesuai hasil analisis independen masih bertugas di Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat.
  • Hasil KRMS 2017 sebagai dasar Usulan Program Tahun Anggaran 2018 telah tersedia serta telah dikonsultasikan dengan Bappeda dan FLLAJ. Hasil KRMS tersebut dipublikasikan di website resmi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan FLLAJ.
  • Hasil KRMS 2017 sebagai dasar Usulan Program Tahun Anggaran 2018 telah disepakati dengan Bappeda.
  • DED program 2018 telah dimulai.
  • Informasi PRIM, alokasi dana, lokasi untuk penanganan jalan tahun 2017 dan progres fisik dan keuangan telah dimutakhirkan di website resmi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat;
  • Kegiatan pelatihan lainnya yang telah di identifikasi oleh Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat dan PIUC telah disetujui untuk dilaksanakan, serta telah dilaksanakan sesuai jadwal yang direncanakan.
  • Setiap perubahan kontrak harus mendapatkan persetujuan Panitia Peneliti Kontrak dalam bentuk Berita Acara dan dilampirkan di dalam permohonan verifikasi.

Pelaksanaan penanganan pemeliharaan rutin jalan dengan swakelola telah sesuai dengan manual PRIM yaitu “Swakelola Routine Road Maintenance Manual”.

  1. Verifikasi usulan pencairan 50% dari Rp 1.300.000.000 atas usulan rencana penggunaan dana insentif Tahap 2 untuk peningkatan kinerja institusi meliputi:
  • Verifikasi atas usulan rencana penggunaan dana hibah untuk Insentif Institusi yang telah dicapai sesuai persyaratan untuk Institusi sesuai butir A.1 dan A.2.
  • Nilai Insentif Institusi dapat diajukan setinggi-tingginya 50% dana hibah untuk insentif institusi dan akan dikurangi 1/38 x Rp 1.300.000.000 dari nilai Insentif yang diajukan untuk setiap output yang tidak terpenuhi/tercapai.
  • Verifikasi atas pengunaan 50% dana hibah untuk Insentif Institusi Tahap 1 yang telah diterima oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
  • Verifikasi atas penggunaan 50% dana hibah untuk Insentif Institusi Tahap 2 akan dilakukan oleh Tim Teknis 6 bulan setelah dana hibah institusi diterima oleh Pemerintah Kabupaten
  • Verifikasi untuk Konstruksi dilakukan atas pencapaian output
  1. Verifikasi untuk Konstruksi dilakukan atas pencapaian output:
  • Nilai kumulatif pekerjaan fisik jalan mencapai 100% (swakelola dan kontrak) dan telah memenuhi aspek teknis dan fungsi yang telah ditetapkan (pekerjaan selesai sampai dengan pengerjaan marka dan rambu) atau bagian pekerjaan telah selesai dan berfungsi secara substansial (segmen jalan dengan pekerjaan selesai untuk perkerasan aspal, bahu jalan, saluran, gorong-gorong/culvert, timbunan tanah) dan cacat mutu telah diperbaiki.
  • Konsultan supervisi, kontraktor dan PPK telah melaksanakan pertemuan lapangan (site meeting) bulanan dengan bukti Notulen Rapat
  • PPK telah mengeluarkan surat peringatan/sanksi kepada konsultan supervisi dan kontraktor karena berkinerja buruk dan/atau pekerjaan yang menyimpang dari ketentuan dokumen kontrak
  • Nilai penggantian hibah sesuai hasil rekomendasi Tim Teknis dan setinggi-tingginya adalah sejumlah nilai hibah yang tercantum dalam SPPH.