x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

FLLAJ Kabupaten Lombok Barat Menghadiri Rapat TP3J

Mataram - Rapat bulanan TP3J dilaksanakan pada Hari Selasa, 18 Juli 2017 yang dimulai pada pukul 09.30 Wita bertempat di Aula Projoliwa Bidang Bina Marga Dinas PU Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Prov NTB, Kepala Balai Jalan Lombok, TP3J, PRIM-PIUC, serta FLLAJ Provinsi NTB maupun Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Prov. NTB membuka rapat bulanan TP3J ini dengan membacakan agenda, antara lain:

  • Mengetahui progress pekerjaan paket PRIM baik di wilayah Prov. NTB maupun Kabupaten Lombok Barat
  • Informasi dan progress PRMS untuk tahun 2018
  • Progress swakelola

Ibu Etty selaku Kasi Perencanaan Teknis Bidang Bina Marga Dinas PU Provinsi NTB menyampaikan progress PRSM (Provincial Road Management System). Hingga rapat ini berlangsung (18/7), survey kondisi jalan telah dilakukan untuk seluruh wilayah Pulau Lombok saja sedangkan untuk wilayah Pulau Sumbawa belum dilaksanakan. Ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga survey belum tuntas dilaksanakan, antara lain:

  • Ada beberapa kegiatan training
  • Kunjungan dari daerah lain
  • Masalah kendaraan survey
  • Sumber Daya Manusia.

Beliau mengatakan bahwa hasil survey PRMS akan diekspose kepada Bappeda sesegera mungkin setelah survey kondisi Pulau Sumbawa selesai dilakukan. Pada akhir pemaparannya, beliau mengatakan bahwa Provinsi Aceh dan Lampung dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Provinsi NTB untuk mempelajari sistem PRMS serta Kabupaten Dompu akan berkunjung ke Kabupaten Lombok Barat untuk mempelajari system KRMS.

Kepala Balai Jalan Lombok XI menyampaikan progress swakelola serta paket PRIM (status 15 Juli 2017) untuk P19, P20, P21, P22, dan P23 untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penjelasan terkait dengan progress paket PRIM disambung oleh Hadi Suwasono selaku engineer PIUC untuk wilayah Provinsi NTB.

Kabid Bina Marga Dinas PU Kabupaten Lombok Barat menyampaikan progress paket PRIM untuk wilayah Kabupaten Lombok Barat (status 14 Juli 2017) antara lain:

P1 Ruas Montong Buwuh – Lendang Bajur

Rencana          : 1,773 %

Realisasi          : 2,026 %

Deviasi            : 0,253 %

P2 Narmada – Batu Kumbung

Rencana          : 5,772 %

Realisasi          : 4,004 %

Deviasi            : -1,77 %

P3 Swakelola

Rencana          : 27,96 %

Realisasi          : 25,00 %

Deviasi            : -2,96 %

Beliau menyampaikan bahwa akan terus melakukan koordinasi dengan kontraktor pelaksana dan konsultan supervisi agar menambah tenaga kerja dan armada agar mengejar keterlambatan tersebut.  Menyambung pemaparan dari Kabid Bina Marga Dinas PU Kabupaten Lombok Barat, Hadi Suwasono selaku Engineer PIUC menyampaikan bahwa Paket PRIM P1 dan P2 untuk agregat sudah siap smeua, desain mix juga sudah jadi hanya menunggu aspal AC saja yang belum siap karena memakai 1 inch.

Kasi Pemeliharaan Bidang Bina Marga Dinas PU Kabupaten Lombok Barat menyampaikan alasan paket P3 untuk swakelola mengalami deviasi minus. Beliau memaparkan bahwa hal itu dapat terjadi karena pekerjaan perbaikan saluran di ruas Sekotong – Lemer belum dimasukan ke dalam progress pekerjaan karena belum melakukan pekerjaan siaran dan acian. Apabila pekerjaan tersebut sudah dimasukna, deviasi minus tidak terjadi lagi.