x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Pemilihan Awak Kendaraan Teladan (AKUT) Kabupaten Lombok Barat

Gerung - Kegiatan tahunan yang telah rutin dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat adalah Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Kabupaten Lombok Barat tahun 2017 untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pengemudi Angkutan dalam Mewujudkan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Berkeselamatan. Kegiatan yang dihadiri oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat ini dilaksanakan selama tiga hari (24-25 Juli 2017) bertempat di Aula Rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini mendapat antusias yang sangat besar oleh peserta dilihat dari banyaknya peserta yang hadir. Peserta yang hadir sebanyak 40 orang yang terdiri dari supir angkutan desa, supir taksi, supir angkutan pariwisata, serta supir angkutan barang.

Kegiatan pemilihan AKUT Tahun 2017 untuk wilayah Kabupaten Lombok Barat ini dibuka oleh Kepala Dinas Perhuungan Kabupaten Lombok Barat, H. Akhmad Saikhu, SE, MM. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar kegiatan AKUT untuk tahun ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan. Tujuan dari kegiatan ni adalah untuk melakukan pembinaan serta pemahaman untuk berlalu lintas dan pengertian tentang keselamatan berlalu lintas.  

Narasumber kegiatan berasal dari Kasatlantas Polres Lombok Barat yang diwakilkan oleh Kanit Registrasi dan Identifikasi Polres Lobar, Jasa Raharja, dan Komisi Pencegahan AIDS. Dalam pemilihan AKUT tahun ini melibatkan narasumber dari Komisi Pencegahan AIDS. Hal ini dilakukan utuk memberikan edukasi kepada pengemudi angkutanterkait dengan ahaya dari HIV/AIDS yan dapat menyerang siapa saja.

Pada hari kedua kegiatan AKUT ini dilakukan tes yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Tes ini bertujuan untuk mendapat dua perwakilan awak kendaraan yang mewakili Kabupaten Lombok Barat di tingkat provinsi. Setelah selesksi dilakukan, terpilihlah dua orang yaitu supir angkutan pedesaan dengan kriteria penilaian antara lain: pemahaman terkait dengan berlalu lintas, teknis keselamatan, etika dalam berlalu lintas, serta bebas dari narkoba.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat pada penutupannya mengharapkan materi serta ilmu tambahan yang telah didapatkan selama dua hari dalam kegiatan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Kabupaten Lombok Barat ini dapat meningkatkan kapasitas pengemudi angkutan sehingga lebih professional lagi dalam berkendara dan berlalu lintas.