x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017

Gerung - Kegiatan  Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas merupakan kegiatan Nasional yang rutin diadakan setiap tahun oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat. Pada tahun ini, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 7 dan 8 Agustus 2017 bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat. Proses seleksi peserta Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tingkat Kabupaten Lombok Barta 2017 diikuti oleh perwakilan Sekolah Menengah Umum yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Terdapat perwakilan 40 pelajar SMA dari 10 kecamatan di Kabupaten Lombok Barat. Masing-masing sekolah, mengirimkan 4 siswa untuk mengikuti Pemilihan Pelajar Pelopor pada tahun 2017.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Kabupaten Lombok Barat ini adalah dalam rangka membentuk karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar.

Para pelajar yang mengikuti kegiatan ini dibekali ilmu dari Kanit Dikyasa Polres Lobar terkait dengan keselamatan berlalu lintas di jalan. Selain itu, materi terkait dengan pencegahan narkoba juga disampaikan oleh BNN Provinsi Nusa Tenggara Barat.

40 Pelajar yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan narasumber. Antusias tersebut sangat terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan selama narasumber memberikan materi.  “Kami jadi lebih mengerti tentang UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang sebelumnya tidak pernah kami dapatkan selama sekolah, tata cara ber lalu lintas yang baik dan benar, serta perbedaan antara narkoba dan narkotika”, ungkap Putri Novia Dyah Pitaloca dari SMKN 1 Kuripan. Disamping itu, mereka mengatakan bahwa sangat bangga telah terpilih menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti kegiatan pemilihan pelajar pelopor di tingkat kabupaten.

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas ini menobatkan Baiq Bunga Firdaus dari SMA 1 Gunungsari sebagai juara 1 dengan judul karya tulis “Mengapa Pengemudi Bermotor Melanggar Peraturan Lalu Lintas”, L. Hajrul Trihandani dari SMKN 1 Kuripan sebagai juara 2 dengan judul karya tulis “Etika Berlalu Lintas Terhadap Keselamatan Jalan”, serta Putri Novia Dyah Pitaloca dari SMAN 1 Kediri sebagai juara 3 dengan jdul karya tulis “Pengaruh Perkembangan Transportasi dan Lalu Lintas dalam Kehidupan Bermasyarakat”. Selain itu, M. Abraham Maulanan perwakilan dari SMAN 1 Gunungsari meraih juara harapan 1 dan Karumatul Uliya perwakilan SMAN 1 Lingsar meraih juara harapan 2.

Untuk mengikuti kegiatan serupa di tingkat provinsi, Kabupaten Lombok Barat mengirimkan 2 perwakilannya (juara 1 dan 2) yaitu Baiq Bunga Firdaus dan L. Hajrul Trihandani. Saat ditanyakan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk Kegiatan Pelajara Pelopor di Tingkat Provinsi, dengan kompak mereka menjawab perlu adanya kesiapan mental, fisik, kesehatan, mendalami lagi tentang undang-undang berlalu lintas, serta memperbaiki public speaking agar terlihat bagus apabila bebrbicara di depan umum.