x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Kick Of Meeting Verifikasi Bulan November 2017

Mataram - Dalam rangka pelaksanaan Verifikasi PRIM –AIIG bulan November 2017 Program Peningkatan Kinerja dan Pemeliharaan Jalan Provinsi (Provincial Road Improvement and Maintenance/PRIM) yang dibiayai melalu Hibah Pemerintah Australia (DFAT) Tahun Anggaran 2017, dilaksanakan Kick Of Meeting Verifikasi bulan November oleh Tim Teknis DJBM Kementerian PUPR baik untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat maupun Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 13 November 2017 ini dibuka oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR NTB. Daalm sambutannya, beliau mengharapkan nantinya hasil verifikasi baik administrasi maupun fisik untuk FLLAJ dan Dinas PU dapat tercapai sesuai dengan harapan bersama.

I Made Arthadana selaku Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat menyamaikan terima kasih untuk kepercayaan yang diberika terhdapa dana hibah kepada Kabupaten Lombok Barat. Disamping itu, Kabupaten Lombok Barat akan dijadikan pilot project atau proyek percontohan program PRIM untuk infrastruktur jalan. Anggaran hibah sebesar 33 milyar yang diberikan kepada Kabupaten Lombok Barat digunakan untuk infrastruktur jalan sebesar 31 milyar dan sisanya dipergunakan untuk insentif DPUTR Kabupaten Lombok Barat serta Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat. Penggunaan dana infrastruktur jalan sebesar 31 milyar tersebut terbagi untuk 2 paket kontrak serta 1 paket swakelola yang telah dilaksanakan dari tanggal kontrak 2 Juni 2017 hingga 13 November 2017 (165 hari kalender). Pemerintah daerah sangat bersyukur dengan adanya dana hibah infrastruktur jalan PRIM tersebut mengingat jalan sebagai salah satu prasarana perhubungan hakekatnya merupakan unsur penting dalam usaha pengembangan kehidupan bangsa dan pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa untuk mencapai tujuan nasional yang hendak diwujudkan melalui serangkaian program pembangunan yang menyeluruh terarah dan terpadu serta berlangsung terus menerus guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Beliau menambahkan perihal contoh pada paket pekerjaan PRIM di Kabupaten Lombok Barat. Untuk P1 (Montong Buwuh – Lendang Bajur), perbaikan jalan tersebut dapat melayani 2 kecamatan yakni Gunungsari dan Batu Layar dengan 112 dusun dan 125.325 orang. Sedangkan untu P2 (Narmada – Batu Kumbung) dapat melayani 2 kecamatan yakni Narmada dan Lingsar dengan 36 desa, 127 dusun, serta 153.117 orang. Dapat dibayangkan perbaikan jalan tersebut sangat penting dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat tersebut.

Untuk kegiatan verifiasi teknik, akan dilakukan selama 3 hari yatu 14,15,dan 16 November 2017. Untuk kegiatan ini dibagi menjadi 4 tim, dimana tim 1,3,dan 4 melakukan verifikasi fisik untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk tim 2 dipeurntukkan pada Kabupaten Lombok Barat (baik untuk paket P1, P2, dan swakelola). Keanggotaan setiap tim verifikasi tersebut terdiri dari Tim Teknis DJBM, Tim Teknis Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, KIAT, PMC, PIUC, serta FLLAJ.

Selanjutnya, setelah berakhirnya kick of meeting tersebut, Dinas PU dan FLLAJ baik provinsi maupun Kabupaten Lombok Barat melakukan verifikasi administrasi dan penggunaan dana insentif oleh tim verifikasi 1 untuk Provinsi NTB dan tim verifikasi 2 untuk Kabupaten Lombok Barat.

Foto Dokumentasi Verifikasi Administrasi FLLAJ dan Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat