x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Laporan Pertanggungjawaban FLLAJ Kabuaten Lombok Barat Tahun 2017

Senggigi - Laporan kegiatan pertanggungjawaban Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat tahun 2017 dilaksanakan pada hari Selasa, 12 September 2017 pada pukul 09.00 wita s.d selesai. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Puri Saron-Senggigi ini dihadiri oleh Bupati Lombok Barat, Kepala Dinas SKPD tekait, 10 Camat di Kabupaten Lombok Barat, Anggota Tim Koordinasi dan Sekretariat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat.

Laporan pelaksanaan rapat tahunan Forum Lalu Lintas dan ngkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat disampaikan oleh H. Akhmad Saikhu, SE,MM selaku Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat. Dalam laporannya, beliau menyampaikan Dasar Pelaksanaan Rapat FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, antara lain:

  1. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2011 tentang Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  3. Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 18 Tahun 2017 tentang Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat
  4. Keputusan Bupati Lombok Barat Nomor 58A/126/Dishub-Lobar/2017 tentang Pembentukan Anggota, Kelompok Kerja, dan Sekretariat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat.

Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan rapat adalah sebgaia berikut:

  1. Meningktakan koordinasi antar instansi, akademisi, dan masyarakat serta stakeholder terkait lainnya dalam penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan di Kabupaten Lombok Barat;
  2. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 serta mengharapkan masukan/saran dari peserta rapat untuk perbaikan tugas lalu lintas dan angkutan jalan di tahun berikutnya;
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam lalu lintas dan angkutan jalan Kabupaten Lombok Barat;
  4. Sebagai evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan maupun tugas Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tahun 2017.

Kemudian sambutan dari Bupati Lombok Barat, Bapak H. Fauzan Khalid, S.Ag.,M.Si sekaligus membuka secara resmi kegiatan rapat tahunan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebagai salah satu daerah yang dilewati arus lalulintas antar kabupaten, tentu memiliki permasalahan tersendiri yang harus dipecahkan. Oleh karena itu demi terlaksananya sistem penyelenggaraan lalulintas dan angkutan jalan yang baik, maka perlu terus dilakukan analisa permasalahan yang terjadi untuk dicarikan jalan keluarnya. Ini mutlak dilakukan guna tercapainya kualitas pelayanan lalulintas dan angkutan jalan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Oleh karena itulah perlu adanya keaktifan dari Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan untuk terus memantau perkembangan di lapangan dan cepat tanggap atas persoalan yang ada. Keberadaan forum lalu lintas dan angkutan jalan di Kabupaten Lombok Barat hendaknya dapat menjadi media untuk melakukan koordinasi antar instansi penyelenggara lalulintas dan jalan raya. Beliau menyampaikan kebanggaan atas keaktifan dan keberadaan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Lombok Barat dan telah berjalan sebagaimana yang telah diharapkan. Terlebih Kabupaten Lombok Barat menjadi satu-satunya pilot project untuk 541 kabupaten lainnya di Indonesia. Sejumlah aduan, masukan, kritik dan saran patut disyukuri sebagai wujud perhatian dan keterlibatan masyarakat dalam bentuk kontrol atas kinerja dinas terkait. Oleh karena itu, pengaduan tersebut harus segera dituntaskan agar harapan masyarakat untuk tercapainya lalu lintas yang tertib aman dan lancar dapat terwujud. Beliau mengharapkan agar forum ini dapat melibatkan elemen masyarakat dalam keanggotaannya. Begitu pula dalam memberikan masukan kepada penyelenggara pembangunan infrastruktur jalan hendaknya memperhatikan aspek gender, penyandang disability dan perlindungan anak. Berakhirnya sambutan dari Bupati dirangkaikan dengan penyerahan Laporan Tahunan Kegiatan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat tahun 2017 oleh Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat kepada Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag.,M.Si.

Pemaparan kegiatan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat selama 1 tahun, disampaikan oleh IAO Suwati Sideman, ST.,MSc selaku Ketua Pokja. Beliau menyampaikan bahwa FLLAJ Kabupaten Lombok Barat telah melakukan 100% tindaklajut dalam bentuk surat himbauan maupun koordinasi langsung ke dinas terkait. Sedangkan terhitung 83 bentuk pengaduan tuntas yang telah dilaksanakan secara fisik oleh dinas terkait dari total 105 pengaduan selama tahun 2017. Dalam keseluruhan pengaduan tersebut, dapat diketahui bahwa pengadu dengan jenis kelamin perempuan hanya berjumlah 3 orang dan berjenis kelamin laki-laki sejumlah 43 orang, sedangkan masih terdapat 60 orang yang belum menyertakan jenis kelaminnya dalam memberikan aduan ke Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat. Hal inilah yang menjadi PR untuk FLLAJ Kabupaten Lombok Barat untuk terus mendorong masyarakat agara dapat menyertakan jenis kelamin dalam memberikan aduan/keluhan/informasi terkait lalu lintas dan jalan raya. Dikarenakan, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat sensitiv terhadap gender  sehingga, perempuan juga dapat terlibat dan mengambil peran dalam menyampaikan aduan terkait dengan jalan raya atau lalu lintas. Selain itu, beliau memperlihatkan sejumlah bentuk ketuntasan fisik yang telah ditindaklanjuti oleh dinas terkait, baik dari DPUTR Kabupaten Lombok Barat, Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, DLH Kabupaten Lombok Barat, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat, Kepolisian Lombok Barat, PDAM Giri-Menang, dan dinas terkait lainnya. Pada akhir penyampaiannya, beliau juga memperlihatkan sejumlah foto dokumentasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat selama tahun 2017.

Lalu Sahabbudin selaku Perwakilan dari PRIM – PIUC menyampaikan penjelasan singkat terkait dengan alur pemberian dana hibah Australia untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Beliau juga menyampaikan bahwa Kabupaten Lombok Barat akan menjadi Pusat Rujukan Nasional bagi kabupaten lainnya di Indonesia untuk mempelajari terkait dengan jalan maupun forum lalu lintas dan angkutan jalan.

DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN RAPAT FLLAJ KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2017