x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2019 Kabupaten Lombok Barat

Batu Layar - Forum Konsultasi Publik yang pertama kali dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019 untuk Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Januari 2018. Kegiatan yang diadakan di Hotel Jayakarta Senggigi ini dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari SKPD di Kabupaten Lombok Barat, Camat di Kabupaten Lombok Barat, Unsur Desa di Kabupaten Lombok Barat, Organisasi Perempuan, Organisasi Penyandang Disabilitas, dan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Konsultasi Publik yang dimulai pada pukul 10.00 WITA ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat, Dr. H. Baehaqi, S.Si,M.Pd,MM sekaligus membacakan laporan kegiatan. Forum Konsultasi Publik ini merupakan rancangan awal RKPD untuk dibahas bersama dalam bentuk konsultasi publik guna penyempurnaan dengan menerima saran dan masukan dari para peserta rapat yang dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani oleh Kepala Bappeda dan SKPD.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa Kegiatan Forum Konsultasi Publik dilakukan pertama kali sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Dalam peraturan tersebut tertuang bagiamana membuat rancangan perencanaan yang benar-benar melibatkan masyarakat di dalamnya dan jangan sampai aspirasi dari masyarakat tersebut hanya formalitas saja. Konsultasi Publik sangat penting dilakukan untuk penyempurnaan RKPD sebelum adanya RPJMD. Pada akhir sambutanyya, beliau menyampaikan bahwa fokus utama dalam penyusunan RKPD ini ditujukan kepada kemisikinan dan rata-rata tamat sekolah untuk wilayah Kabupaten Lombok Barat agar terdapat penurunan angka.

Kepala Bidang PEP3 Bappeda Provinsi NTB memaparkan materi terkait dengan Arah Kebijakan RPJPD Provinsi NTB. Beliau menyampaikan bahwa RPJMD Provinsi NTB tahun 2013-2018 akan berakhir pada tahun 218 sehingga secara otomatis Renstra Perangkat Daerah 2013 – 2018 juga akan berakhir pada tahun 2018. Sesuai dengan ketentuan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, Provinsi NTB sudah harus menyiapkan Rancanagan Awal RPJMD secara bersamaan dengan perangkat daerah untuk menyiapkan Rancangan Awal Renstra.

Setelah kegiatan Konsultasi Publik ini dilakukan, akan dilanjutkan dengan Musrenbang di 10 (sepuluh) kecamatan di Lombok Barat yang akan dilaksanakan pada:

  • Rabu, 24 Januari 2018: Kecamatan Narmada dan Lingsar
  • Kamis, 25 Januari 2018: Kecamatan Kediri dan Labuapi
  • Senin, 29 Januari 2018: Kecamatan Sekotong dan Lembar
  • Selasa, 30 Januari 2018: Kecamatan Gerung dan Kuripan
  • Rabu, 31 Januari 2018: Kecamatan Batu Layar dan Gunungsari

Dalam hal ini, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat akan terus mengikuti kegiatan Musrenbang baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten.