x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

FLLAJ Hadir dalam Musrenbang Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018

Lombok Barat - FLLAJ Kabupaten Lombok Barat hadir dalam kegiatan tahunan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Lombok Barat tahun 2018. Kegiatan yang mengambil tema Pemerataan Infrastruktur Wilayah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Keshetana dan Pertumbuhan Ekonomi dalam Rangka Mempercepat Penurunan Kemiskinan ini dilaksanakn selama 2 hari (12-13 Februari 2018) bertempat di Hotek Aruna Senggigi. Musyawarah yang dihadiri oleh 250 orang dari unsur SKPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Kepala Desa, Camat, Organisasi Perempuan, dan sebagainya ini merupaka satu tahapan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019 sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Penyelenggaran Perencanaan Nasional. Adapun tujuan dari kegiatan yaitu menyepakati permasalahan pembangunan daerah; menyepakati prioritas pembangunan daerah; menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, dan indikator pembangunan daerah; penyelarasan pembangunan dengan prioritas; serta klarfikasi dengan kewenangan.

Musrenbang Kabupaten Lombok Barat dibuka oleh H. Fauzan Khalid selaku Bupati Lombok Barat pada pukul 10.00 Wita. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dari sisi target capaian dari tahun 2014 menyisakan 1 indikator yang belum tercapai dan akan menjadi PR kita bersama yaitu peirhal rata-rata lama sekolah. Sedangkan indikator angka kemiskinan menurun dai angka 16,60 % menjadi 16,16 %. Menyinggung terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan, beliau menyampaikan bahwa saat ini pembangunan infrastruktur jalan mengarah kepada kualitas jalan. Tugas pemerintah daerah saat ini dibagi menjadi 2 yaitu bagaimana cara untuk memperbaiki jalan lama dan telah rusak parah serta bagaimana membangun jalan baru dimana hal ini sangat penting untuk pemerataan bagi masyarakat yang belum menikmati jalan dengan baik. Beliau menyampaikan bahwa agar kualitas jalan kabupaten dapat serupa dengan jalan provinsi. Seperti contoh pada tahun 2017, kualitas jalan yang baik yang telah dibangun di Kabupaten Lombok Barat contohnya Montong Buwuh – Lendang Bajur; Selagalas – Batu Kumbung; dan Batu Kumbung – Narmada. Diharapkan apa yang dihasilkan tidak parsial tetapi dapat terintegrasi termasuk dalam infrastruktur jalan, karena tidak akan ada berguna jalan yang dibangun baik tetapi tidak dapat membantu perekonomian masyarakat.

Acara selanjutnya diisi dengan Talkshow dengan pemberian testimoni atas pemberian bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk mendukung UKM. Kegiatan ini diisi oleh pengrajin kopi, serbat jahe, pengusaha roti, dan pengembang Sumber Daya Alam.

Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019 disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat, Dr. H. Baehaqi, S.Si., M.Pd., MM. Beliau memaparkan tahapan RPJD Kabupaten Lombok Barat pada tahun 2005-2024. Saat ini Kabupaten Lombok Barat berada pada Periode Ke 3 untuk RPJMD tahun 2014-2019 yaitu memantpakna pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan daya saing, dengan memanfaatkan IPTEK, pengembangan industry rakyat berorientasi ekspor, penguatan pasar regional dan nasional, iklim investasi yang baik, pengendalian penduduk, Penataan Ruasng, sumber energy baru, infrastruktur sarana prasrarana public yang berorientasi pada pelayanan investasi. Sedangkan beliau menaympaikan untuk capaian target indikator kunci utama RPJMD 2015-2019 pada akhir tahun ke-2 telah mencapai 97,3%. Isu strategis yang akan difokuskan Kabupaten Lombok Barat yaitu penurunan kemiskinan; pemertaan infrastruktur wilayah dan infrastruktur layanan dasar; peningkatan kualitas pendidkan; peningkatan kulaitas kesehatan; peningkatan kualitas pertumbuhan ekonomi; pelestarian lingkungan hidup, pengendalian tat ruang dan alih fungsi lahan; reformasi birokrasi; serta mitigasi bencana dan kemanan wilayah.

Kegiatan ini dilanjutkan pada keesokan harinya untuk siding klinis masing-masing bidang untuk menyesuaikan prioritas program yang telah dibahas sebelumnya pada Musrenbang Kecamatan Tahun 2018.

Adapun hasil usulan dari masing-masing Kecamatan yang mendapatkan prioritas antara lain:

 

DOKUMENTASI UNDANGAN MUSRENBANG KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2018

DOKUMENTASI FOTO MUSRENBANG KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2018