x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Tahap Design Pada Paket P4 (Kediri - Dasan Bagu) Kabupaten Lombok Barat

Kediri - Dalam rangka persiapan pembangunan Jalan Kediri Dasan - Bagu Paket P4 PRIM di Kabupaten Lombok Barat, dilaksanakan kegiatan Konsultasi Publik Tahap Design pada hari Rabu, 21 Februari 2018 di Aula Kantor Desa Montong Are. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, serta ibu-ibu PKK yang terkena dampak akan adanya perbaikan infrastruktur jalan pada daerah tersebut. Disamping itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Kabupaten Lombok Barat, Kasi Perencanaan Teknis Bidang Bina Marga DPUTR Kabupaten Lombok Barat, serta FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.  Narasumber pada kegiatan ini yaitu Konsultan Perencana CV. Anugerah Rancang Selaras yang akan memaparkan rencana akan pembangunan infrastruktur pada ruas Kediri – Dasan Bagu.

Sebagai pembuka, Sekretaris Desa Montong Are memberikan sambutan sebagai wakil dari Desa Montong Are pada umumnya. Beliau menyampaikan terima kasih atas pembangunan jalan yang berada di Desa Montong Are Bilibante (Ruas Kediri – Dasan Bagu). Harapannya, setelah adanya perbaikan jalan ini pereekonomian masyarakat dapat menjadi lancar atau lebih baik karena mengingat jalan merupakan wahana mobilisasi penggerak ekonomi masyarakat.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat memberikan arahan sebelum dimulainya pemaparan oleh Konsultan Perencana. Dalam arahannya beliau menyampaikan akan adanya pekerjaan perbaikan jalan Kediri – Dasan Bagu melaui dana Program PRIM. Pekerjaan ini berbeda dalam segi struktur dengan pekerjaan dari Dinas PU sebelumnya seperti DAK maupun DAU. Pekerjaan ini akan dimonitoring langsung oleh Dinas PU, Tim dari Australia, serta Konsultan PIUC. Beliau mengharapkan pekerjaan paket P4 ini masyarakat sekitar dapat memberikan sikap yang baik serta menunjukan keikutsertaan dalam mengawasi langsung pekerjaan. Acara Konsultasi Publik ini merupakan kegiatan dengan masyarakat sekitar yang akan terkena dampak akan adanya pembangunan jalan pada tahap perencanaan. Pada akhir sambutannya, beliau menyampaikan harapan Pemerintah Daerah apabila ada bangunan yang akan terkena penggusuran akan adanya pembangunan jalan ini agar dapat diselesaikan dengan baik guna kepentingan bersama.

Ibu Putu dari Konsultan Perencana Cv. Anugerah Rancang Selaras menjelaskan tentang desain pekerjaan yang akan dilakukan pada ruas Kediri – Dasan Bagu. Jenis pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah rehabilitasi, routine maintenance, dan block minor works dengan panjang 2,656 km. beliau menjelaskan bahwa lebar jalan saat ini pada ruas Kediri – Dasan Bagu sepanjang 3,5 meter dan akan dilakukan pelebaran aspal sepanjang 4,5 meter dengan rabat beton pada bahu kiri-kanan dengan lebar bervariasi. Lebar variasi disini dimaksudkan bahwa jikalau dapat dilakukan perabatan beton bahu jalan dengan lebar 1 meter, apabila tidak dapat dengan lebar terebut akan disesuakian dengan kondisi yang ada di lapangan. Terkait dengan pelebaran jalan, beliau menyampaikan akan dilakukan ke arah utara (kiri jalan apabila dari Sta 0+000) karena di arah selatan tidak memungkinkan dikarenakan adanya kali sehingga akan sulit dilakukan pemadatan. Sedangkan untuk daerah yang biasanya menjadi pangkalan parkir DAM Truck, akan dilakukan pelebaran ke arah selatan dikarenakan bahu jalan eksisting cukup lebar. Beliau juga menyampaikan kepada peserta konsultasi public apabila didepan rumahnya telah terdapat saluran, bangunan disampingnya tidak akan mengalami penggusuran. Kemudian, warung yang berada di sebelah kantor desa akan terkena dampak akan adanya pekerjaan ini dan beliau menyampaikan mohon perhatian dan kerjasamanya kepada pemilik warung tersebut. Hal ini dilakukan karena mulai dari pertigaan Kantor Desa Montong Are kea rah timur akan membutuhkan bahu jalan selebar 1 meter. Terdapat 2 titik parah pada ruas ini yaitu pada sta. awal dan sta. akhir sehingga akan dilakukan peninggian elevasi yang cukup signifikan yaitu lebih dari 30 cmkarena daerah tersebut merupakan daerah genangan banjir, terlebih pada titik di awal sta. ketinggian muka air kali yang berada disampingnya hampir sama dengan badan jalan. Sedangkan untuk yang lainnya, akan dilakukan peninggian 12 cm.

Dalam sesi ini juga, konsultan perencana menyajikan video survey ruas Kediri – Dasan Bagu dari sta. 0+000 hingga sta. 2+656. Sepanjang video ini disajikan, sejumlah peserta konsultasi public menyampaikan masukan serta saran.

Bapak Muammar mempertanyakan ketinggian aspal 30 cm yang direncanakan akan dikerjakan dihitung dari titik mana dan bagaiman solusi untuk rumah yang didepannya tidak terdapat drainase, apakah akan adanya pembebasan lahan atau seperti apa bentuknya.

Atas pertanyaan ini, Ibu Putu menenggapi bahwa peninggian dilakukan dengan unsure tanah saja. Terkait dengan solusi didepan bangunan yang tidak terdapat saluran drainase, beliau menyampaikan bahwa selama lahan masih ada (cukup luas) tidak akan dilakukan pembebasan. Pada intinya, untuk pekerjaan ini yang wajib disiapkan yaitu jalan dengan lebar 4,5 m dengan lebar 1 meter ke arah utara dan selatan untuk dilakukan rabat beton.

Kepala Dusun Samah Ngiring menyampaikan bahwa adanya permasalahan di Dusun tersebut yaitu pada hari ini (21/2) akan dilakukan pemindahan tiang listrik ke arah atas karena adanya pembangunan mushola dan kabel dari tiang tersebut cukup mengganggu. Berdasarkan kondisi tersebut dengan melihat pekerjaan perbaikan jalan ini, beliau menyampaikan apabila telah dilakukan pelebaran jalan 4,5 meter, tiang listrik tersebut akan berada di bahu jalan sehingga akan mengganggu.

Atas permasalahan tersebut diatas, Kasi Perencanaan Teknis Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat meminta agar pekerjaan pemindahan tiang tersebut dapat di pending menunggu pekerjaan jalan selesai dilaksanakan. Disamping itu, beliau juga menyampaikan solusi lainnya agar meminta kepada PLN untuk mengganti tiang listrik dengan yang lebih tinggi sehingga lokasi tiang tersebut tetap berada pada kondisi awal dan tidak mengganggu pula pekerjaan pembangunan musholla.

Ibu Putu melanjutkan kembali dan memohon kerjasamanya kepada kepilik penggilingan padi yang akan terkena dampak dan berada di tikungan Dusun Gelegot untuk dilakukan pelebaran jalan.

Salah satu warga yang tidak menyebutkan identitasnya menyampaikan masukan bahwa di Dusun Gelegot telah terdapat saluran dan penuh akan sedimen. Apabila saluran tersebut nantinya lancar, aliran air tersebut menuju ke arah utara dan terkena sawah orang. Oleh karena itu beliau meminta solusi akan permasalahan tersebut agar tidak merugikan pemilik sawah.

Pak Kurdi menyampaikan permintaan akan adanya polisi tidur pada gang, sekolah, atau masjid agar pengendara kendaraan bermotor dapat mengendalikan kecepatannya. Atas hal tersebut, Ibu Putu menyampaikan bahwa tidak diperkenankan pembangunan polisi tidur pada jalan tersebut. Solusi yang akan diberikan yaitu dengan penggunaan rambu dan marka pada tempat-tempat dimaksud sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapakan dalam peraturan perundang-undangan.

Dengan berakhirnya tanggapan dari Konsultan Perencana tersebut, berakhir pula kegiatan Konsultasi Publik Tahap Design pada Paket P4 (Kediri – Dasan Bagu) dengan penutup dari Kepala Desa Montong Are pada pukul 11.30 WITA. Beliau mengharapkan agar semua masukan dari masyarakat Montong Are mendapat perhatian guna memberikan manfaat untuk bersama.

DESIGN PAKET P4 (KEDIRI - DASAN BAGU)

DOKUMENTASI KONSULTASI PUBLIK PAKET P4 (KEDIRI - DASAN BAGU)