x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Tahap Design Pada Paket P3 (Sayang-Sayang - Gunungsari) Kabupaten Lombok Barat

Gunungsari - Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat kembali menghadiri kegiatan Konsultasi Publik yang diadakan oleh Konsultan Perencana guna penyempurnaan design pada Paket P3 PRIM ruas Sayang-Sayang – Gunungsari. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Ranjok pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 ini dihadiri oleh 30 orang yang terdiri dari Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, serta ibu-ibu PKK yang terkena dampak akan adanya perbaikan infrastruktur ruas jalan Sayang-Sayang – Gunungsari.

Kegiatan Konsultasi Publik dibuka pada pukul 09.30 WITA oleh Kepala Desa Ranjok. Beliau menyampaikan apresiasi kepada pemberi bantuan hibah yaitu Pemerintah Australia karena akan memperbaiki rusaknya jalan yang berada di Sayang-Sayang – Gunungsari. Dengan adanya kegiatan Konsultas Publik Tahap Design ini, beliau mengharapkan dapat memberikan dampak yang baik untuk masyarakat Gunungsari pada umumnya. Dalam akhir sambutannya, beliau menyampaikan kondisi jembatan yang terlalu sempit khususnya di Ranjok, sehingga perlu diperlebar agar airnya tidak mengalir dan masuk ke pemukiman warga.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat memberikan arahan sebelum pemaparan konsultasi publik dimulai. Beliau menjelaskan bahwa pekerjaan perbaikan infrastruktur jalan untuk ruas Sayang-Sayang – Gunungsari didanai melalui dana hibah PRIM dari Pemerintah Australia. Beliau mengharapkan agar masyarakat Gunungsari dapat mendukung paket pekerjaan infrastruktur jalan pada paket P3. Untuk segala permasalahan terkait dengan pekerjaan jalan ini dapat disampaikan kepada FLLAJ Kabupaten Lombok Barat atau Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, sehingga memberikan dampak baik untuk semua lapisan masyarakat.

CV. Anugerah Rancang Selaras selaku Konsultan Perencana untuk perkerjaan perbaikan infrastruktur jalan Paket P3 ruas Sayang-Sayang – Gunungsari menjelaskan terkait desain jalan yang akan dilakukan perbaikan pada ruas dimaksud. Beliau menyampaikan bahwa ruas jalan Sayang-Sayang – Gunungsari akan dilakukan penanganan perbaikan sepanjang 3,975 km. Adapun konsep pembangunan perbaikan jalan yaitu pelebaran jalan dengan lebar aspal 4,5 meter dan kiri-kanan terdapat bahu rabat beton dengan lebar bervariasi. Pelebaran jalan akan dilakukan di beberapa titik lokasi dan akan mengambil sedikit lahan warga Gunungsari. Tetapi, dengan kondisi pada ruas ini, lokasi yang akan terkena pelebaran jalan hanya pada tepi sawah. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi sebelum pekerjaan fisik dimulai dari pihak desa kepada pemilik lahan sehingga pekerjaan dapat berjalan lancar. Disamping itu akan dilakukan peninggian elevasi di beberapa titik lokasi yang dapat dikatakan rawan adanya genangan. Dalam ruas ini, direncanakan akan dibangun trotoar hanya untuk daerah sekolah. Daerah sekolah yang dimaksudkan disini adalah di depan SDN 1 Mambalan (dari Kantor Desa s.d perbatasan sawah) dan SDN 2 Mambalan agar memberikan kenyaman dan kemanan untuk anak sekolah. Sepanjang ruas ini, di sisi kiri dan kanan juga akan dibuatkan saluran drainase dari batu kali (jika tidak memungkinkan akan dibuatkan saluran V) sehingga air dapat mengalir dengan baik. Untuk titik yang telah terdapat saluran akan dilakukan normalisasi sehingga saluran tersebut dapat berfungsi kembali sebagaimana mestinya.

Dalam kegiatan konsultasi public ini ditayangkan video kondisi ruas jalan Sayang-Sayang – Gunungsari dimulai dari Sta. 0+000 s.d Sta. 3+975. Dalam penayangan video ini, peserta konsultasi public dapat memberikan masukan dan saran untuk disetiap titik guna penyempurnaan rencana gambar.

Ibu Kustian selaku Tokoh Perempuan Desa Kekeri mengharapkan adanya saluran drainase di sepanjang ruas jalan Sayang-Sayang – Gunungsari. Karena pada setiap turun hujan, saluran yang telah ada tidak berfungsi dan bekerja sebagaimana fungsinya, sehingga genangan air akan menutup badan jalan. Untuk masukan ini, ditanggapi langsung oleh Konsultan Perencana dan kembali menjelaskan akan adanya pembangunan saluran drainase pada lokasi yang belum terdapat saluran, sedangkan yang telah terdapat saluran drainase akan dilakukan normalisasi pengerukan sedimen (endapan) sehingga bekerja sesuai dengan fungsinya.

BPD Dasan Griya menyampaikan permintaan pelebaran jembatan yang terdapat di Desa Kekeri. Untuk hal ini, ditanggapi langsung oleh Kasi Perencanaan Teknis dan Pengendalian Bidang Bina Marga DPUTR Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan bahwa dalam pekerjaan untuk paket P3 ruas Sayang-Sayang – Gunungsari ini tidak terdapat paket perbaikan jembatan. Beliau menjelaskan bahwa di Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat pekerjaan jembatan berbeda dengan pekerjaan perbaikan jalan. Tetapi, untuk paket ini terapat perbaikan ralling jembatan, pengecatan, serta pemberian rambu hazard sign sebagai tanda peringatan adanya jembatan.

Sebagian besar pertanyaan dan masukan dari warga Gunungsari berpoin pada saluran. Sebagaimana diketahui bahwa ruas Sayang-Sayang – Gunungsari rentan terkena banjir karena saluran drainase yang tersumbat oleh akan adanya endapan sedimen. Untuk beberapa lokasi yang belum terdapat saluran pada daerah dekat pemukimannya, mereka meminta agar dibuatkan saluran agar air mengalir dengan baik dan tidak merusak badan jalan. Terdapat beberapa lahan warga seperti pekarangan rumah, tepi sawah, lahan pemandian motor, dan gapura Desa Ranjok akan terkena dampak adanya pelebaran jalan guna mengejar adanya bahu jalan dan saluran. Sehingga, oleh karena itu Konsultan Perencana dan Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat meminta pada pihak desa untuk melakukan sosialisasi kepada pemilik lahan dimaksud.

Segala bentuk pertanyaan dan masukan dari peserta Konsultasi Publik telah ditanggapi dan diterima oleh Konsultan Perencana guna penyempurnaan design jalan paket P3 ruas Sayang-Sayang – Gunungsari. Untuk harapan bersama, agar pekerjaan ini dapat berjalan dengan lancar dan hasil yang diharapkan dapat tercapai.

DESIGN PERBAIKAN JALAN PAKET P3 (SAYANG-SAYANG - GUNUNGSARI)