x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Workshop UKL dan UPL Paket PRIM 2018 Kabupaten Lombok Barat

Kegiatan workshop penyusunan UKL/UPL Paket Pekerjaan PRIM Tahun 2018 di P3 (Sayang-Sayang – Gunungsari), P4 (Kediri – Dasan Bagu), dan P5 (Kumbung – Kuripan) dilaksanakan pada hari Jumat 6 April 2018 di Aula Excavator Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat, BinaMarga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat, PIUC beserta ahli lingkungan, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Akademisi Lingkungan dari Universitas Mataram, serta Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu melakukan review dokumen lingkungan hidup yang telah ada; meningkatkan pemahaman tentang kepatuhan lingkungan; memformulasikan rencana jangka panjang untuk penyusunan system kepatuhan kegiatan yang efektif; serta memformulasikan rencana jangka panjang untuk memfinalkan dokumen lingkungan yang ada saat ini.

Kegiatan diawal dengan pembukaan oleh Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat pada pukul 09.00 Wita. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mendiskusikan lebih lanjut  terkait dengan dokumen lingkungan paket pekerjaan infrastruktur jalan. Sudah lama tertuang dalam Undang-Undang di Indonesia untuk mengimplementasikan hal-hal terkait dengan lingkungan. Tetapi faktanya, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan hal tersebut belum optimal dilaksanakan dalam penanganan infrastruktur jalan. Oleh karena itu, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini memang sangat penting bagi Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat khususnya. Dan beliau mengharapkan agar isu-isu terkait dengan lingkungan menjadi sangat penting diperhatikan mulai saat ini tidak hanya dikarenakan adanya persayaratan terkait reimbursement dana hibah PRIM tetapi dapat berlanjut untuk paket-paket pekerjaan lainnya.

Novianto Hadi Suwito selaku Associate, Impact Assesment & Permitting Lead Environment menyampaikan review terkait dengan Dokumen UKL/UPL yang telah diselesaikan oleh Kosultan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat terkait dengan ketiga paket pekerjaan PRIM pada tahun 2018 di Kabupaten Lombok Barat. Terdapat beberapa komentar umum yang beliau sampaikan terkait dengan langkah permulaan yang baik untuk memperbaiki pengelolaan dan pemantauan resiko dan dampak lingkungan dan social serta sistematika penulisan UKL –UPL telah sesuai dengan Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 16 Tahun 2012. Disamping itu, guna penyempurnaan penyusunan dokumen UKL-UPL terdapat beberapa komentar kritis yang disampaikan oleh Bapak Novianto. Seperti, pertimbangan dalam penulisan yang terbatas pada isu-isu yang saling terkait (cross cutting issue) seperti isu gender, buruh anak, keselamatan masyarakat, dsb. Dalam pelaporan tersebut juga terdapat beberapa lampiran yang menurut pandangan beliau penuh dengan informasi yang kurang penting. Dan yang terakhir beliau menyampaikan bahwa matriks identifikasi dampak tidak akurat dan tidak merefleksikan konteks actual di lapangan. Dalam dokumen tersebut tertulis bahwa adanya mobilisasi tenaga kerja dan 70% diantaranya merupakan tenaga local. Beliau menyampaikan apakah benar dalam pelaksanaan nantinya dapat memastikan bahwa angka presentase tersebut merupakan pekerja di lapangan menggunakan tenaga local.

Tanggapan dari Hadi Suwaseno, PIUC menyampaikan bahwa adanya dokumen terkait dengan lingkungan tidak hanya untuk memenuhi persyaratan administrasi semata, tetapi perlu juga diimplementasikan dengan baik di lapangan seperti pemasangan rambu pada saat pekerjaan berlangsung serta penjelasan atau sosialisasi kepada masyarakat fungsi dari rambu tersebut. I Wayan Suteja selaku Akademis Lingkungan Universitas Mataram menyampaikan bahwa perlu adanya data tenaga local guna mencapai presentase tenaga local yang diharapkan.

Sayangnya, dalam workshop tersebut Konsultan Lingkungan Kabupaten Lombok Barat selaku Penyusun Dokumen UKL UPL Paket P3,P4,dan P5 tidak hadir, sehingga tidak dapat mendengar tanggapan atau klarifikasi terkait dengan review yang telah disampaikan.