x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Pekerjaan Paket III (DAK) Ruas Melase - Penanggak dan Paket IX (DAU) Ruas Bengkaun

Batu Layar - Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat menghadiri pelaksanaan Konsultasi Publik Pekerjaan Paket III (Tiga) Peningkatan Jalan Kabupaten (DAK Penugasan Bidang Jalan Prioritas Daerah) Ruas Melase – Penanggak dan Paket IX (Sembilan) Peningkatan Jalan Kabupaten (DAU) Bengkaung – Penanggak yang dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Mei 2018 bertempat di Kantor Camat Batu Layar. Kegiatan yang merupakan satu hal wajib sebelum pelaksanaan pekerjaan jalan dimulai ini dihadiri oleh Konsultan Supervisi, Kontraktor Pelaksana, PPK Pembangunan Jalan Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat, serta Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Kades, Kadus, dan PKK Kecamatan Batu Layar.

Konsultasi Publik ini dibuka oleh Camat Batu Layar pada pukul 10.00 Wita. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan konsultasi public untuk paket III DAK ruas Melase – Penanggak dan paket IX DAU ruas Bengkaung – Penanggak ini merupakan tahapan yang harus dilaksanakan oleh Konsultan Supervisi agar menyampaikan segala informasi terkait pekerjaan yang akan dilaksanakan selama 120 (seratus dua puluh) hari kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar kegiatan konsultasi publik ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya provokasi antar peserta rapat sehingga pekerjaan jalan dibangun untuk kenyamanan bersama. Disamping itu, masyarakat yang tanahnya terkena akan dampak pembangunan jalan agar sekiranya dapat dibicarakan dengan baik dengan pemilik proyek.

Pejabat Pembuat Komitmen Paket ini, Ahmad Fathoni, ST menyampaikan apresiasi kepada pihak kecamatan yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan yang wajib dilaksanakan guna menerima masukan dan saran dari masyarakat setempat sebelum pekerjaan dimulai. Beliau pula menyampaikan bahwa kegiatan Konsultasi Publik ini merupakan suatu kegiatan keterbukaan public atas paket pekerjaan jalan yang didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) sesuai dengan tahapan yang biasa dilalui pada Model Paket PRIM. Pada akhir sambutannya, beliau menyampaikan harapan agar dapat menerima segala masukan serta saran terkait dengan ruas jalan yang akan dikerjakan sehingga tujuan dari pekerjaan ini sesuai dengan harapan bersama serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Gita Maya selaku Staff Ahli FLLAJ Kabupaten Lombok Barat memberikan pemaparan singkat terkait dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan bahwa keberadaan FLLAJ sebagai wahana koordinasi antar instansi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan yang diamanatkan dalam UU Nomor 22 Tahun 2009. Beliau juga menyampaikan media pengaduan untuk masyarakat yang telah di sediakan oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat seperti facebook, whatsapp, SMS center, website, dan sebagainya.

CV. Karya Niagara Konsultan selaku konsultan supervise pada paket ini memaparkan secara teknis pekerjaan yang akan dilaksanakan dari tanggal 4 Mei 2018 s.d 31 Agustus 2018. Beliau menjelaskan bahwa lebar jalan yang ada saat ini akan ditambahkan bahu jalan dengan rabat beton serta saluran yang ada disampingnya. Atas pemaparan singkat dari konsultan ini, mendapat tanggapan dari beberapa peserta konsultasi public selaku warga setempat.

Pada dasarnya, seluruh masyayarakat Kecamatan Batu Layar khususnya warga Bengkaung, Melase, dan Penanggak pada khususnya sangat mengapresiasi pekerjaan perbaikan jalan yang telah dtunggu sejak lama ini. Terdapat beberapa masukan dari warga antara lain apabila pekerjaan jalan yang akan merobohkan gapura dusun agar dapat dikoorsinasikan antara kontraktor dan Kepala Dusun setempat dan semaksimal mungkin dapat dikembalikan kondisinya seperti semula. Isu-isu lain yang menjadi masukan dari warga yaitu terkait dengan saluran atau gorong-gorong. Masyarakat setempat meminta kepada kontraktor atau konsultan pada saat pekerjaan saluran dilaksanakan, agar mengajak warga setempat yang lebih mengetahui titik setempat dan arah aliran air yang benar.