x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Paket VII (Tujuh) Peningkatan Jalan Kabupaten (DAU) Ruas Beroro - Tibu Lilin

Lembar - Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat kembali menghadiri pelaksanaan Konsultasi Publik untuk Paket DAU. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Jembatan Timur pada hari Senin, 4 Juni 2018 ini merupakan suatu tahapan yang harus dilakukan oleh Konsultan Supervisi guna menerima atau mengharapkan masukan dan saran terkait dengan paket pekerjaan jalan ruas Beroro – Tibu Lilin di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Konsultasi Publik yang dibukan pada pukul 10.00 WITA inipula dihadiri oleh Inspektur Pembantu III Inspektorat Kabupaten Lombok Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Unsur Desa Beroro-Tibu Lilin-Labuan Tereng.

Kepala Desa Jembatan Kembar Timur selaku pembuka dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Desa Jembatan Kembar Timur ini merupakan diskusi guna mengharapkan masukan terkait pelaksanaan pekerjaan jalan ini. Harapannya pekerjaan ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala baik dari sisi teknis maupun non teknis.

Ahmad Fathoni selaku PPK pada paket pekerjaan ini menyampaikan pula bahwa Konsultasi Publik merupakan salah satu tahapan dalam pekerjaan konstruksi terkait dengan pembangunan jalan. Hal ini dilakakukan salah satunya untuk mengusung keterbukaan infromasi public, sehingga tujuannya ingin memberikan informasi terkait dengan perbaikan jalan. Beliau mengharapkan agar masyarakat setempat memberikan perhatian terhadap gangguan dan hambatan yang akan terjadi selama paket pekerjaan berlangsung sehingga pekerjaan akan berjalan dengan lancar guna kepentingan bersama.

Konsultan Supervisi pada paket pekerjaan ini yaitu PT. Mitra Sakti. Dalam kesempatannya, beliau memaparkan paket pekerjaan jalan secara detail pada ruas Beroro – Tibu Lilin. Beliau menjelaskan bahwa pekerjaan yang dilaksanakan selama 180 hari kalender ini akan memperbaiki jalan sepanjang 4,0 km dengan lebar perkerasan 3,5 meter yang akan melewati Desa Jembatan Kembar Timur dan Desa Lembar. Pekerjaan dengan nilai kontrak Rp 8.761.689.000,- ini juga akan melakukan pembangunan jembatan dengan bentang 12 meter.

Masukan dan saran dari masyarakat terkait dengan permintaan keterlibatan masyarakat atau pemeberdayan masyarakat sekitar untuk dapat bekerja pada paket jalan ini. Disamping itu, peserta konsultasi publik juga meminta agar material yang digunakan dapat berasal dari desa tersebut pula. Atas masukan tersebut, diterima dengan baik oleh Konsultan maupun Kontraktor pelaksana pekerjaan jalan ruas Beroro - TIbu Lilin. Disampaikan pula bahwa masyarakat dapat terlibat dalam pekerjaan ini untuk beberapa pekerjaan minor yang tidak memiliki keahlian tinggi. Pada dasarnya, kontraktor sangat mendukung apabila semangat masyarakat semangat untuk melaksanakan pekerjaan ini. Disampaikan pula akan terbuka kesempatan yang lebar baik wanita maupun untuk perempuan sehingga dapat bekerja di paket pekerjaan ini. Ditambah satu catatan penting bahwa dalam pekerjaan jalan ini, sangat tidak menganjurkan untuk memberdayakan anak bekerja dengan usia di bawah 18 tahun.