x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Verifikasi Tahap III, Juni 2018

Verifikasi ke-3 untuk Dinas PUTR dan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juni 2018 di ruang rapat Dinas PUPR Provinsi NTB. Kegiatan yang dilaksanakan 2 kali sethaun ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga guna pencairan dana insentif sebesar 50%.

Dalam pembukaan kegiatan ini, Agita Widjayanto membahas terkait progress dari Hibah jalan Daerah yang akan diberikan kepada Provinsi NTB maupun Kabupaten Lombo Barat beserta daerah lainnya. Terdapat beberapa isu besar perihal hal ini yang salah satunya yaitu terkait dengan input kapasitas piskal masih terbatas pada daerah masing-masing yang akan diberikan dana hibah jalan daerah, lain halnya dengan kondisi daerah yang lebih maju seperti NTB ataupun Lombok Barat. Hal ini akan menjadi konsen guna suksesnya hibah jalan daerah sehingga dapat berjalan sesuai harapan bersama.

Kegiatan verifikasi yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2018 ini lebih ke arah reimbersment  untuk insentif baik pada Dinas PUTR dan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Disampaikan pula bahwa selanjutnya akan memberdayakan dari Balai dan FLLAJ untuk melakukan verifikasi dikarenakan tim dari Dirjen Bina Marga sendiri akan melakukan hal yang sama pada 4 Kabupaten/Kota, sehingga akan mengalami kesulitan dalam melakukan verifikasi.

Project Management Consultant (PMC) meyampaikan hasil praverifikasi yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan administrasi untuk DPU dan FLLAJ baik Provinsi NTB maupun Kabupaten Lombok Barat. Perihal dengan pengecekan lapangan untuk pekerjaan swakelola bahwasannya untuk pekerjaan pembersihan, damija, serta normalisasi saluran yang dilaksanakan oleh Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat untuk Tahap I telah rampung, selanjutnya untuk tahap berikutnya agar segera diselesaikan sesuai dengan jadwal perencanaan.

Setelah pembukaan, dilakukan pengecekan dokumen pendukung guna pemenuhan 8 poin yang telah ditetapkan sebelumnya pada PMM Amandemen 5 untuk FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Verifikator untuk FLLAJ Kabupaten Lombok Barat berasal dari Dirjen Bina Marga, Bappenas, TP3J Provinsi NTB, PMC, maupun PIUC. Hal serupa juga dilakukan oleh Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat.

Laporan hasil verifikasi dilaksanakan pada keesokan harinya yang dibacakan oleh coordinator masing-masing tim verifikator. Baik FLLAJ maupun Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat telah memenuhi semua persayaratan untuk pencairan 50% dari total nilai insentif yaitu Rp 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).