x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Monitoring dan Verifikasi Permasalahan Utilitas Pekerjaan Jalan P3 (Sayang Sayang-Gunungsari)

FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi pada Paket 3 (P3) ruas Sayang Sayang – Gunungsari. Kegiatan ini dilaksanakan guna menindaklanjuti hasil dari rapat bulanan FLLAJ Lobar pada 28 Juni 2018. Terdapat beberapa isu-isu besar yang menajdi permasalahan saat pekerjaan infrastruktur jalan berlangsung. Oleh karena itu, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat bersama dengan pihak terkait serta PIUC melakukan monitoring dan evaluasi permasalahan pada ruas dimaksud.

Terdapat 6 (enam) isu permasalahan yang ada di ruas jalan ini yaitu terkait penggeseran tiang listrik dan telkom; penebangan pohon; pembongkaran pagar SDN 1 Mambalan; pipa PDAM; serta plat sebagai akses keluar masuk ke rumah warga. Atas permasalahan tersebut, diharapkan bahwa pertemuan ini dapat memberikan solusi sehingga pekerjaan infrastruktur jalan dapat berjalan lancar sesuai harapan bersama sebelum tanggal kontrak berakhir pada 23 Oktober 2018.

Kepala Bidang Tata Kota Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat menyampaikan tanggapannya terkait dengan rencana penebangan 144 pohon. Beliau menyetujui adanya penebangan pohon tersebut dan meminta kepada PPK paket pekerjaan ini untuk mengikuti prosedur kedinasan perihal permohonan penebangan pohon. Perlu adanya surat yang ditujukan ke Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat dari PPK dengan meneyertakan lampiran jumlah pohon yang akan ditebang, lokasi, foto pohon yang telah diberikan tanda cross (X), serta jadwal penebangan pohon.

Pak Abidin dari PT. Telkom Wilayah NTB menyampaikan tanggapan terkait dengan penggeseran tiang telkom ke luar bahu jalan. Beliau sangat mengapresiasi dan mendukung sekali kegiatan ini untuk kepentingan bersama. Beliau juga menyampaikan bahwa perlu prosedur surat menyurat yang sama seperti ke Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat terkait dengan penggeseran tiang telkom. Beliau memberikan masukan juga bahwa penggeseran tiang telkom sebaiknya dilakukan setelah penebangan pohon selesai dilaksanakan. Karena, tidak menutup kemungkinan pada saat penebangan pohon dilakukan akan adanya kabel telkom yang terputus sehingga akan segera dapat diselesaikan saat itu juga oleh pihak Telkom bersamaan dengan penggeseran tiang.

PLT Kepala Desa Mambalan menyampaikan bahwa permaslahan terkait dengan tidak adanya anggaran untuk pembuatan plat sebagai akses keluar masuk rumah warga sebaiknya dilakukan sosialisasi langsung kepada warga yang terkena dampak. Terkait dengan pagar SDN 1 Mambalan yang terkena pembongkaran bahwa beliau sangat menyetujui hal tersebut karena nantinya akan digantikan dengan pedestrian untuk keamanan anak sekolah. Sebelumnya sudah dilakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah serta Dikbud bahwa dana BOS pada SD tersebut sangat terbatas, sedangkan dana desa juga tidak bisa dianggarkan untuk sekolah dan rumah ibadah. Beliau meminta kepada kontraktor agar dapat dibuatkan kembali pagar sekolah.

Fathurrahman selaku Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa FLLAJ siap untuk memfasilitasi kegiatan sosialisasi ataupun konsultasi publik lanjutan kepada warga yang terkena dampak akan pelebaran jalan khususnya terfokus pada permaslahan plat sebagai akses keluar masuk rumah warga. Beliau mengusulkan untuk Konsultasi Publik akan dilaksanakan di 3 desa yang berada di sepanjang ruas tersebut pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu (5,6, 7 Juli 2018).

Hadi Suwasono sangat mengapresiasi usulan dari FLLAJ Kabupaten Lombok Barat untuk memfasilitasi kegiatan yang sangat positif tersebut. Beliau juga mengapresiasi kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat, PT. Telkom, dan PLT Kades Mambalan untuk solusi yang diberikan sehingga permasalahan terkait dapat diselesaikan dan mempunyai titik terang. Perihal permintaan Desa Mambalan untuk mengembalikan pagar SDN 1 Mambalan, beliau menyampaikan bahwa kontraktor bisa menganggarkan untuk hal tersebut pada MC0.

Sangat disayangkan pada kegiatan ini pihak terkait lainnya seperti PLN dan PDAM tidak datang, sehingga permasalahan penggeseran tiang PLN dan pipa PDAM belum terselesaikan. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat akan menyelenggarakan rapat koordinasi secara internal di sekretariat FLLAJ Lobar dengan mengundang PLN dan PDAM sehingga pekerjaan yang sedang berlangsung pada paket P3 dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga berakhirnya masa kontrak.