x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Pelatihan P/KRMS Bappeda Kabupaten Lombok Barat

FLLAJ Kabupaten Lombok Barat mengikuti pelatihan P/KRMS yang diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Lombok Barat. Pelatihan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mempersiapkan peserta agar dapat melakukan proses managemen jalan di daerah Kabupaten Lombok Barat. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 2-3 Oktober 2018 bertempat di Hotel Montana Senggigi.  Pelatihan dibuka oleh Kepala Bappeda Bapak Dr. H. Baehaqy, S.Si,M.Pd,MM dan Perwakilan Dari PRIM PIUC.  Nara sumber yang dihadirkan yaitu Ibu Ni Luh Putri Utami dari Dinas PUPR NTB dan Bapak Arief Nurdhi selaku Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kabupaten Lombok Barat.

Dalam pelatihan ini di berikan informasi mengenai dasar-dasar untuk menentukan apakah suatu ruas jalan masuk dalam kategori Jalan Nasional, Jalan Provinsi, Jalan Kabupaten, dan Jalan Desa. Nara sumber juga menekankan bahwa pemeliharaan jalan secara berkala dapat memperpanjang umur jalan dan menghemat dana daripada terus menerus melakukan rehabilitasi dan pembangun jalan. 

Setelah peserta diberikan informasi pentingnya memelihara jalan pelatihan dilanjutkan dengan pengenalan program PKRMS untuk melakukan pendataan jalan yang lebih baik dan lebih efisien. Program ini sendiri merupakan Hibah dari PRIM sebagai wujud pengembangan penanganan jalan yang lebih baik.  Dalam sesi ini peserta diajak melakukan simulasi survey hingga memasukkan dan menyimpan hasil dari simulasi survey yang telah dilakukan. 

Peserta yang hadir pada pelatihan ini berasal dari perwakilan kecamatan yang ada di Lombok Barat, Dinas terkait penanganan jalan, dan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Bagi FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, pelatihan ini sangat meningkatkan kapasitas dan pengetahuan  anggota FLLAJ. Diharapkan pelatihan ini akan terus berlanjut mengingat Aplikasi yang ditawarkan begitu luas dan bermanfaat bagi managemen dan pemeliharaan infrastruktur jalan yang lebih baik.