Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Pra Design Ruas Meninting-Midang 1

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat menginisiasi kegiatan Konsultasi Publik pada tahap pra-design untuk ruas Meninting – Midang yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2019 melalui dana hibah PRIM. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Oktober 2018 ini dihadiri oleh Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, Kasi pemeliharaan Jalan Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat, Konsultan Perencana, PIUC, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, warga Desa Midang yang terkena dampak akan rencana pekerjaan jalan pada ruas Meninting – Midang.

Kegiatan dibuka oleh PLT Kades Midang dilanjutkan dengan pemaparan terkait FLLAJ Kab. Lobar oleh Kabid Darat Dinas Perhubungan Kab. Lobar bersama dengan Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Beliau juga menjelaskan kerusakan jalan di Meninting – Midang ini sudah berkali kali masuk pada pengaduan di FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Terlebih pada ruas tersebut terdapat Pasar Seni yang sangat disayangkan apabila jalannya rusak, sehingga harapannya apabila warga setuju untuk perbaikan jalan di ruas ini secara otomatis dapat meningkatkan perekonomian warga Midang pada khsusnya. Apabila terdapat lahan yang akan terkena akan pelabaran jalan dari rencana perbaikan di ruas meninting-midang ini agar diseleseaikan dengan baik dengan pihak desa agar harapan kita semua untuk jalan yang baik sehingga perekonomian menjadi lancar dan meningkat dapat tercapai.

Acara dilanjutkan oleh pemaparan Hadi Suwasono dari PIUC. Beliau menyampaikan bahwa warga Kabupaten Lombok Barat boleh berbangga, karna hanya Kabupaten Lombok Barat merupaka satu-satunya kabupaten yang menerima dana hibah Australia untuk perbaikan infrastruktur jalan. Awalnya, seluruh dana perbaikan infrastruktur ini didanai oleh Pemerintah Daerah, setelah pekerjaan selesai akan dilakukan verifikasi oleh tim teknis dan apabila memenuhi syarat spefisikasi, dana Pemda tersebut akan dikembalikan setinggi-tingginya 40%. Adapun syarat-syarat yang diberikan oleh Pemerintah Australia ini antara lain:

  1. Lebar jalan harus 4,5 meter, dengan bahu jalan selebar 1 meter pada sisi kiri-kanan dengan saluran sebelahnya;
  2. Pelibatan atau dukungan masyarakat

Konsultasi publik dilanjutkan kembali dengan pemaparan teknis oleh Konsultan perencana. Sesi ini dilakukan dengan menampilkan video kondisi jalan dan masyarakat dapat langsung menanyakan ataupun memberikan informasi saat video ditayangkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari diskusi bersama masyarakat antara lain Tugu Desa Midang. Tugu ini diharapkan dapat dipindah agar memenuhi persyaratan lebar jalan yaitu 4,5 meter. Selain itu masyarakat diharapkan dapat menertibkan sendiri bangunan, material, ataupun atap kios yang berada di bahu jalan. Terkait utilitas berupa tiang, pohon serta pipa air akan dilakukan koordinasi antara FLLAJ Kab. Lobar dan pemilik utilitas agar dipindahkan keluar dari bahu jalan. Simpangan di akhir ruas meninting midang juga akan dilakukan perubahan agar lebih berkeselamatan.