Berita

Home / Berita

Review Kabupaten Road Maintanace System (KMRS)

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat melaksanakan kegiatan review atau memberikan masukan atas hasil usulan perencanaan perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Lombok Barat melalui dana hibah PRIM tahun 2019 dengan program KRMS. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Lombok Barat pada tanggal 18 Oktober 2018 pukul 14.00 Wita ini dihadiri oleh Perwakilan Bidang Bina Mrga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat, Bappeda Kabupaten Lombok Barat, serta FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Sebagai pembuka, Arief Nuradhi selaku Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk kelancaran atau sebagai masukan bagi Konsultan selanjutnya pada tahap perencanaan gambar design ruas jalan yang akan ditangani oleh Paket PRIM tahun 2019 di Kabupaten Lombok Barat.

M. Husni, ST selaku Kasi Pemeliharaan Jalan Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat memaparkan Kabupaten Road Maintanance System (KRMS) Kabupaten Lombok Barat untuk tahun 2019. Pemaparan beliau diawali dengan menyampaikan tujuan dari kosultasi ini yaitu:

  1. Hasil  KRMS  2018  sebagai dasar Usulan Program Tahun Anggaran 2019  telah tersedia serta telah dikonsultasikan dengan Bappeda dan FLLAJ. Hasil  KRMS tersebut dipublikasikan di  website  resmi Pemerintah  Kabupaten Lombok Barat dan FLLAJ.
  2. Hasil  KRMS  2018  sebagai dasar Usulan Program Tahun Anggaran 2019  telah disepakati dengan Bappeda.

Beliau memaparkan secara detail bagaimana langkah-langkah dalam program KRMS tersebut yang diawali dengan:

  1. Survey kondisi, perkiraan kondisi pada tahun 2018
  2. Harga satuan. Dalam hal ini digunakan harga satuan untuk tahun 2018 dikarenakan untuk tahun 2019 belum release.
  3. Peta
  4. Unconstraint Budget
  5. Program
  6. Pemaketan yang berdasarkan data teknis PRIM, Desk DAK, dan hasil Musrenbang Kabupaten Lombok Barat (DAU).
  7. Anggaran.

Setelah itu, beliau menyampaikan lingkup pekerjaan yang akan dikerjakan dan menjelaskan secara detail seperti rehabilitasi, pemeliharaan berkala (PM), Backlog Minor (BMW), Holding Tratment (HT), serta pemeliharaan rutin (RM). Beliau memaparkan hasil dari apliakasi KRMS untuk pengerjaan pekerjaan paket PRIM tahun 2019 serta rencana anggaran biayanya. Daftar ruas paket PRIM 2019 serta rencana anggaran biaya tersebut akan dibahas oleh Bappeda Kabupaten Lombok Barat, setelah disetujui akan diekspose pada website FLLAJ Kabupaten Lombok Barat

Untuk usulan penanganan infratktur jalan di Kabupaten Lombok Barat tahun 2019 melalui paket PRIM, M. Husni menyampaikan bahwa terdapat 5 paket kontraktual antara lain:

  1. Meninting – Midang
  2. Keru – Suranadai
  3. Dasa  Tereng – Sembung
  4. Dasan Geres – Buntage
  5. Gerung Bantir