Berita

Home / Berita

Rapat Tahunan Forum LLAJ Tahun 2018

Selasa, 11 Desember 2018 bertempat di Hotel Jayakarta Rapat Tahunan 2018 dihadiri oleh Bupati Lombok Barat, Kepala SKPD terkait, serta anggota FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Terdapat peningkatan jumlah aduan dari tahun 2017, dimana per 31 Desember 2017 yang lalu terdapat 105 menjadi 113 pengaduan. Dominasi pengaduan setiap tahunnya masih terkait dengan infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Hal tersebut disampaikan oleh H. Akhmad Saikhu selaku Ketua Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat. Beliau memaparkan tujuan utama dari rapat tersebut adaalah meningkatkan koordinasi antar stakeholder penyelenggaraan lalu lintas dan jalan.

Fathurrahman, SH selaku Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat memaparkan pengaduan yang masuk pada tahun 2018 didominasi dengan pengaduan terkait kerusakan jalan sebanyak 48 aduan dengan media pengaduan terbanyak melalui whatsapp kemudian disusul oleh facebook. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat memanfaatkan Instagram, twitter, maupun website FLLAJ Kabupaten Lombok Barat sebagai media informasi dan aduannya.

FLLAJ Kabupaten Lombok Barat juga telah menginisiasi kegiatan Konsultasi Publik yang dimulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaannya. Hal ini dilakukan guna meminimalisir konflik sosial yang terjadi di masyarakat sebelum pekerjaan jalan berlangsung. Dalam kegiatan yang sama pula, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat melaksanakan sosialisasi keberadaan FLLAJ di Kabupaten Lombok Barat agar gaungnya lebih didengar di desa-desa yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Kegatan-kegiatan lainnya yang disampaikan oleh Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat yaitu Monitoring dan Evaluasi paket pekerjaan jalan di Kabupaten Lombok Barat, Musrenbang dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten, serta kegiatan sosialisasi Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial (GESI) pada infrastruktur jalan di Kabupaten Lombok Barat.

Hadi Suwasono selaku perwakilan PRIM-PIUC menyampaikan bahwa pada tahun 2018 pekerjaan jalan di Kabupaten Lombok Barat melalui dana hibah PRIM tahun 2018 telah lulus verifikasi 100%. Suatu prestasi yang membanggakan ini tidak terlepas dari dukungan dan keaktifan FLLAJ di Kabupaten Lombok Barat. Dalam sisi pelaksanaan, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat selalu berada di garda terdepan dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan masyarakat. Pada akhir penyampaiannya beliau menyampaikan bahwa peran dan fungsi FLLAJ Kabupaten Lombok Barat sangat memberi manfaat pada pekerjaan jalan yang berlangsung. Beliau mengharapkan agar eksistensi dari FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dapat terus ada di tahun-tahun berikutnya.

Bupati Lombok Barat menyampaikan apresiasi terhadap eksistensi FLLAJ Kabupaten Lombok Barat yang baru aktif kembali selama dua tahun belakangan ini. Terutama pada sisi penerimaan masyarakat terhadap forum ini baik pada tahun 2017 hingga 2018 dilihat dari banyaknya jumlah aduan dan tindaklanjut yang telah dilakukan oleh dinas atau instansi terkait dengan komunikator FLLAJ. Pada tahun 2018, ketuntasan secara fisik sebesar 50% dapat dikatakan prestasi yang luar biasa dan sisanya memang sudah masuk program dalam perencanaan tahun selanjutnya. Beliau menyampaikan bahwa suatu hal yang harus dan sangat penting menjadi perhatian dari FLLAJ Kabupaten Lombok Barat yaitu sosialisasi terkait dengan menumbuhkan kesadaran dan budaya masyarakat dalam penggunaan jalan yaik baik dan sesuai dengan peraturan. Beliau menyampaikan bahwa beberapa bulan yang lalu agar memberikan atensi yang lebih terhadap trotoar yang baru saja ditinggikan pada ruas by pass BIL I. Tetapi, trotoar tersebut hingga saat ini kerap dibongkar oleh pengguna jalan agar lebih memudahkan melakukan maneuver kendaraan. Hal ini dapat dikatakan sangat berbahaya dikarenakan tingginya angka kecelakaan yang disebabkan oleh hal tersebut. Ole karena itu, perlu adanya peningkatan sosialisasi yang dilakukan oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat guna mencipatkana  budaya berlalu litas yang baik dan benar. Atas pertemua rutin yang dilaksanakan setiap bulannya oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, beliau memberikan atensi yang besar dikarenakan dapat mempertemukan pihak luar juga seperti PLN, PDAM, ataupun Telkom terkait dengan utilitas pada penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan. Pada akhir sambutannya, beliau mengharapkan agar semua jalan yang ada di Kabupaten Lombok Barat dapat mengikuti standar PRIM, sehingga umur rencana jalan tersebut dapat tercapai.

Doa dari TGH. Taisir Lc,Ma selaku salah satu anggota Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat menutup acara Rapat