Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Pre Desain Ruas Gerung Bantir

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat kembali menyelenggarakan Konsultasi Publik ruas Gerung – Bantir untuk perencanaan jalan tahun 2019 di Aula Kantor Desa Banyu Urip. Konsultasi Publik Tahap Pra-Design ini bertujuan untuk memberikan informasi awal kepada warga setempat yang terkena dampak akan rencana penanganan jalan ruas Gerung – Bantir tahun 2019

Hadi Suwasono dari PIUC yang merupakan konsultan yang mendampingi jalannya program hibah PRIM untuk infrastruktur jalan di Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan terdapat 27 proyek yang telah ditangani melalui dana hibah PRIM yaitu 22 ruas di jalan provinsi dan 5 ruas kabupaten. Pada tahun 2019, beliau menginformasikan bahwa direncanakan akan dilaksanakan 5 paket untuk kabupaten Lombok Barat dan salah satu yang mendapat kesempatan penanganan jalan tersebut yaitu ruas Gerung – Bantir. Paket pekerjaan jalan ini merupakan program PRIM yaitu dana hibah Pemerintah Australia dengan penyaluran mekanismeyaitu terlebih dahulu didanai oleh APBD sebanyak 100%. Setelah pelaksanaan selesai, Tim Teknis yang telah dipersiapkan untuk melakukan verifikasi atas jalan tersebut akan melakukan pemeriksaan. Apabila telah memenuhi persyaratan yang telah di persyaratkan, akan diganti 40% dari keseluruhan dana APBD yang telah dikeluarkan. Adapun persyaratannya antara lain:

a.       Lebar aspal atau perkerasan jalan tersebut yaitu 4,5 meter

b.       Bahu jalan berada di sisi kiri dan kanan aspal tersebut dengan lebar masing-masing 1 meter serta saluran.

c.       Hal-hal non teknis, yaitu mendapat dukungan dari masyarakat setempat untuk kelancaran pekerjaan ini.

Beliau menyampaikan bahwa keuntungan yang didapatkan dari perbaikan jalan ruas Gerung – Bantir ini antara lain:

a.       Jalan menjadi indah

b.       Jalan menjadi lebih berkualitas

c.       Harga asset yang berada di kanan kiri akan melambung

d.       Perekonomian warga setempat akan meningkat

Oleh karena itu, beliau menyampaikan bahwa FLLAJ menginisiasi kegiatan ini untuk mendapat dukungan dari masyarakat setemoat sehingga pekerjaaan jalan menjadi lancar.

Ibu Putu selaku Konsultasn Perencana memaparkan kondisi ruas jalan Gerung – Bantir. Beliau menyampaikan bahwa akan dilakukan penanganan perbaikan jalan pada ruas Gerung – Bantir melalui dana hibah PRIM sepanjang 6,700 meter. Beliau menjelaskan bahwa kondisi aspal di lapangan saat ini bahwa dari sta 0+000 hingga 3+000 masih sangat baik. Sehingga sepanjang 3 km pertama hanya dilakukan perbaikan bahu dan pembuatan saluran saja. Sedangkan untuk kelanjutannya yaitu sta 3+000 hingga 6+700 akan dilakukan perbaikan aspal atau overlay selebar 4,5 meter yang dilengkapi dengan bahu jalan pada sisi kiri-kanan selebar 1 meter dan saluran.

Dalam konsultasi publik ini ditampung masukan-masukan masyarakat terkait kondisi jalan agar nantinya dapat dijadikan referensi dalam desain jalan yang akan dibangun.