Berita

Home / Berita

Koordinasi Utilitas jalan Paket PRIM 2019

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat menginisiasi kegiatan koordinasi dengan pemilik utilitas guna perencanaan ruas jalan tahun 2019 di Kabupaten Lombok Barat pada Jumat, 21 Desember 2018.

Sebagai pembuka, Ketua FLLAJ Kabupaten Lombok Barat mengapresiasi adanya hubungan yang baik selama 2 tahun keaktifan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dengan PLN, PDAM, maupun Telkom. Harapannya, ruas-ruas yang akan direncanakan pada tahun 2019 ini tidak terdapat kendala yang besar terkait dengan penggeseran atau pemindahan utilitas.

Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa terdapat 5 ruas untuk paket PRIM di Kabupaten Lombok Barat yaitu Meninting – Midang; Dasan Tereng – Sembung; Keru – Suranadi; Dasan Geres – Buntage; dan Gerung – Bantir. Semua paket direncanakan akan terkontrak dari Februari tahun 2019. Untuk setiap ruas tersebut terdapat beberapa tiang atau pipa serta pohon-pohon yang berada di bahu jalan yang harus dipindahkan atau digeser.

Saifullah selaku Kepala Bidang Tata Kota Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat menyampakan bahwa dari Dinas Perkim sendiri siap melakukan penebangan pohon yang berada di bahu jalan dan yang cukup mengganggu jalan melalui melalui jalur administrasi yang ada..

Perwakilan PDAM Giri Menang menanggapi terkait pipa PDAM di ruas-ruas jalan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa untuk ke 5 ruas paket PRIM tersebut terdapat pipa PDAM didalamnya dengan kedalaman rata-rata 60-80 cm dari permukaan aspal. Oleh karena adanya rencana pekerjaan jalan di tahun 2019 ini, pihak PDAM mengusulkan agar pada saat pekerjaan berlangsung dapat berkoordinasi dengan pihak PDAM sehingga melakukan pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Sayangnya, pada kegiatan yang sangat penting ini pihak PLN maupun Telkom berhalangan hadir, sehingga tanggapan dari kedua instansi tersebut tidak dapat terwakilkan.

Hadi selaku perwakilan dari PIUC menyampaikan bahwa aturan untuk memfasilitasi pemindahan utilitas telah dikeluarkan oleh Bina Marga dari peraturan perundang-undangan. Sehingga, kegiatan inilah yang sangat diperlukan guna berkoordinasi dengan beberapa stakeholder terkait utilitas.

Atas kesepakatan bersama, kembali FLLAJ Kabupaten Lombok Barat mengundang secara khusus pihak PLN dan Telkom dengan kegiatan yang sama pada hari Kamis, 27 Desember 2018 bertempat di Sekretariat FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.