x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Tahap Desain di Kantor Lurah Dasan Geres Ruas Dasan Geres – Buntage

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat kembali menginisiasi kegiatan Konsultasi Publik Tahap Design Ruas Dasan Geres – Buntage guna meminta masukan dari masyarakat sekitar yang bersentuhan langsung dengan pekerjaan jalan ini.

Sebagai pembuka, Sekretaris Lurah Dasan Geres menyampaikan bahwa sosialisasi dan konsultasi publik paket pekerjaan jalan ruas Dasan Geres – Buntage akan didanai melalui dana hibah Pemerintah Australia. Beliau mengharapkan agar dalam kegiatan yang positif ini warga Kelurahan Dasan Geres khususnya yang bersentuhan langsung dengan pekerjaan jalan dapat memberikan masukan dan saran sebagai bahan peyempurnaan desain ini nantinya.

Novia Hilda selaku Junior Engineer PIUC menyampaikan informasi terkait dengan hibah Program PRIM yang akan dilaksanakan pada ruas jalan Dasan Geres – Buntage. PRIM merupakan program peningkatan jalan, dimana 100% keseluruhan pembiayannya menggunakan APBD Kabupaten Lombok Barat terlebih dahulu. Setelah pekerjaan selesai, Tim Teknis yag telah ditunjuk oleh Pemerintah Australia selaku pemberi hibah akan turun untuk melakukan verifikasi sesuai dengan standar spesifikasi ynag telah dipersayaratkan sebelumnya. Setelah itu, akan dilakukan pengembalian anggaran setinggi-tingginya 40%. Adapun persyaratan yang telah diberikan oleh pemberi hibah dalam hal ini yaitu Pemerintah Australia yaitu adanya persyaratan teknis dan non teknis. Persyaratan teknis yang dimaksudkan yaitu badan jalan harus memiliki lebar 4,5 meter dengan bahu berada di kiri-kanan dengan lebar masing-masing 1 meter serta saluran. Sedangkan persyaratan non teknis yaitu keterlibatan masyarakat dalam project ini. Masyarakat sipil yang berada di sekitar lokasi pekerjaan dapat ikut terlibat pada pekerjaan yang sedang berlangsung sesuai dengan keahlian tertentu. Dengan Program PRIM ini, keuntungan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang berada di pinggir jalan yaitu dapat meningkatkan nilai aset lahan. Pada akhir penyampaiannya, beliau menyampaikan harapannya agar masyarakat Kelurahan Dasan Geres dapat mendukung dan mensukseskan pekerjaan jalan ruas Dasan Geres – Buntage ini untuk kepentingan bersama.

Fathurrahman selaku Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa FLLAJ selaku insiasi kegiatan ini merupakan wahana koordinasi antar instansi penyelenggaran lalu lintas sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menerima aduan/keluhan/informasi terkait dengan lalu lintas dan angkutan jalan, setelah itu akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna tindak lanjut hal tersebut. Aduan/keluhan/informasi yang masuk ke FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dapat disampaikan melalui media pengaduan yang telah disediakan yaitu SMS Center, Whatsapp, Facebook, Instgaram, Telpon, serta dapat memberikan pengaduan langsung ke Sekretariat FLLAJ yang berada di Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat. Dalam pekerjaan ini, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat untuk ikut berpartisipasi mendukung dan mensukseskan kegiatan ini dengan mengawasi langsung pekerjaan yang akan direncanakan dimulai pada Bulan Maret 2019 ini. Disamping itu, beliau menyampaikan bahwa setelah pekerjaan jalan ini selesai sepanjang ruas Dasan Geres – Buntage akan dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dengan harapan pengguna jalan dapat mentaatinya guna menekan angka kecelakaan.

Dedy selaku Konsultaan Perencana ruas Dasan Geres – Buntage memberikan informasi terkait dengan pekerjaan jalan yang akan berdampak pada warga di Kelurahan Dasan Geres. Beliau menyampaikan bahwa pekerjaan peningkatan jalan ruas Dasan Geres – Buntage ini akan dilaksanakan sepanjang 6,47 km yang meelalui 1 kelurahan dan 2 desa. Secara umum untuk lebar kebutuhan ruas yang disesuaikan dengan persyaratan yaitu 3,5 meter (kondisi saat ini) menjadi 4,5 meter. Pada sisi kiri kanan badan jalan tersebut akan dilengkapi dengan bahu jalan selebar 1 meter serta saluran. Dalam penyampaiannya, beliau memberikan tayangan terkait kondisi ruas jalan yang berada di Keluraha Dasan Geres ini. Beliau menyampaikan bahwa dari sta 0+00 di sebelah kiri telah terdapat saluran namun tidak untuk sebelah kanan. Di sebelah kanan direnacanakan akan dibuatkan saluran agar air yang jatuh ke badan jalan (aspal) tidak tergenang karena tidak tersedianya wadah pengaliran untuk membuang air tersebut. Secara umum, beliau menyampaikan bahwa di Keluraha Dasan Geres ini tidak terdapat permasalahan dalam persyaratan yang telah harus dipenuhi. Beliau menyampaikan bahwa setelah tikungan pertama (sekitar 500 meter dari sta 0+000) agar masyarakat dapat membersihkan bekas materian disepanjang bahu jalan tersebut sehingga pekerjaan tidak terganggu dalam pelaksanaan nantinya.

Beberapa informasi dan usulan warga antara lain usulan bahwa memang sangar perlu dibangun saluran di sebelah kanan agar tidak terjadi genangan pada saat hujan turun. Selain itu perlu adanya penertiban kios dagangan warga yang berada di bahu jalan sehingga tidak bahu jalan juga berfungsi sebagaiman fungsinya. Warga juga mengusulkan agar adanya fasilitas keselamatan untuk anak sekolah karena kondisi selama ini pengguna kendaraan bermotor yang melintasi SD tidak mengurangi kecepatannya sehingga sangat membahayakan bagi anak-anak SD tersebut.

FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dan Konsultan perencana menanggapi semua informasi warga dan akan menjadi atensi pada pekerjaan jalan ini.