x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Rapat Bulan Februari FLLAJ Kabupaten Lombok Barat

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat kembali melaksanakan rapat bulan Februari tahun 2019.

Fathurrahman, SH menyampaikan 16 aduan/keluhan dari masyarakat dengan beberapa tanggapan dari OPD terkait sebagai berikut:

a.      Pengaduaan terkait dengan jalan berlubang dusun Midang, ditanggapi oleh Kasi Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat bahwa dalam SK jalan kabupaten merupakan jalan kabupaten dengan nama ruas Midang – Meninting. Ruas tersebut akan dilakukan pekerjaan rehab oleh Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat melalui program PRIM yang akan dimulai pada awal Bulan Maret tahun 2019.

b.     Pengaduan terkait dengan permintaan penebangan pohon ditanggapi oleh Kepala Bidang Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat. Pada Dinas Perkim sendiri setiap harinya telah melakukan penebangan dan perantingan pohon yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Tetapi, belum sampai ke Dusun Loco karena penebangan dan perantingan dilakukan pada pohon prioritas atau yang urgent untuk dilaksanakan. Disamping itu pula adanya keterbatasa armada dan tenaga. Beliau menyampaikan terdapat 314 pohon mati yang harus dilakukan penebangan oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat tetapi hingga saat ini baru beberapa pohon yang dapat ditindaklanjuti dikarenakan kesulitan dan armada. Untuk penebangan pohon di Dusun Loco tersebut disampaikan bahwa akan dilakukan tindak lanjut pada minggu depan. Beliau menambahkan bahwa prioritas penerangan jalan umum (PJU) untuk wilayah jalan Senggigi, akan menggunakan tiang sendiri dan tidak lagi lampu yang menumpang pada tinag listrik PLN. Untuk daerah Sekotong, merupakan daerah yang menjadi prioritas pemasangan 1900 PJU yang akan dilaksanakan pada tahun ini sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) yang merupakan program Presiden Jokowi.

c.      Terkait dengan penertiban parkir yang berada di sisi jalan telah dilakukan tindak lanjut oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat bersama dengan Dishub Kabupaten Lombok Barat, Polres Lombok Barat, serta Pol-PP Kabupaten Lombok Barat. Sosialisasi telah dilaksanakan kepada pengusaha angkutan yang sering parkir di pinggir jalan selama 5 hari (18-22 Februari 2019) dan telah membuahkan hasil. Beberapa lokasi yang sering digunakan parkir di pinggir jalan tersebut saat ini telah bebas dari parkir kendaraan tersebut. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat telah meletakkan spanduk larangan parkitr di sepanjang jalan tersebut agar terus tersosialisasikan kepada pengusahan angkutan.

d.     Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa pemantauan tidak hanya dilaksanakan 5 hari itu saja, tetapi pada seksi manajemen rekayasa lalu lintas telah melakukan penjadwalan pada waktu-waktu tertentu akan terus dilaksanakan pemantauan. Sosialisasi sekaligus pemantauan tersebut akan dilaksanakan selama 1 bulan, setelahnya apabila angkutan-angkutan tersebut masih sering kali parkir di sisi jalan tersebut akan dilakukan penindakan.

e.      Staff Kecamatan Kediri menyampaikan harapannya agar dilakukan penindakan yang tegas terhadap supir-supir angkutan yang memarkirkan kendaraannya di lokasi Montong Are. Hal ini sangat meresahkan warga setempat dikarenakan seringnya terjadi kecelakaan.

f.      Juanda selaku Kanit Dikyasa Polres Lombok Barat menyampaikan bahwa melalui FLLAJ ini dapat dilakukan sosialisasi terkait dengan road show safety milenial keselamatan yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 3 Maret 2019 bahwa kegiatan tersebut akan melewati jalan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) yaitu Jalan Ahmad Yani hingga ke Baitalatiq, Gerung.

g.     Terkait dengan kerusakan jalan PRIM tahun lalu (2018) yang baru saja di lakukan rehab pada ruas jalan Sayang-Sayang - Gunungsari. Kasi Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa memang terjadi retak rambut pada beberapa titik lokasi dikarenakan lewatnya armada galian c pada ruas tersebut. Dari Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat telah melakukan teguran kepada rekanan agar segera dilakukan tindak lanjut. Ruas tersebut masih dalam masa pemeliharaan sehingga tanggung jawab masih ada di rekanan.

h.     Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat menambahkan bahwa pada ruas tersebut akan diletakkan rambu kelas jalan 3 untuk jalan kabupaten guna menghindari kendaraan yang melewati ruas tersebut dengan tonase berlebihan. Hal tersebut juga untuk menghindari percepatan kerusakan umur rencana jalan.

i.       Keluhan masyarakat terkait dengan kerusakan jalan akibat galian pipa SPAM yang berada di ruas Naramada – Bengkel yang tidak dilakukan pengembalian jalan dengan baik. Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat telah berkoordinasi dengan pihak SPAM untuk segera dilakukan pengembalian kondisi jalan seperti semula.

j.       Terkait dengan sampah yang berada di Pasar Keru, sayangnya perwakilan dari dinas yang berkaitan dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lombok Barat berhalangan hadir sehingga tidak ada konfirmasi dari instansi terkait. Tetapi, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat telah mengirimkan surat himbauan kepada DLH Kabupaten Lombok Barat dengan harapan agar segera ditindak lanjuti.

Pembahasan penertiban parkir telah dilakukan pembahasan bersamaan dengan aduan/keluhan/informasi yang berkaitan dengan hal tersebut.