x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Tahap Pra-Konstruksi Paket 6 PRIM Ruas Meninting - Midang

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat bersama dengan CV. Archi Teknik Consultant menyelenggarakan konsultasi publik tahap pra-konstruksi untuk ruas Meninting – Midang. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Maret 2019 bertempat di Aula Kantor Desa Jatisela ini bertujuan untuk memberikan informasi teknis jalan yang akan dilakukan perbaikan kepada warga setempat yang terkena dampak serta guna mendapatkan informasi/masukan/saran terkait dengan jalan yang akan ditangani. Konsultasi publik yang dimulai pada pukul 09.30 ini dilakukan dengan metode diskusi dengan pemaparan materi terlebih dahulu oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, Konsultan Supervisi terkait dengan informasi teknis jalan, dan informasi terkait dengan Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial (GESI) yang diisi oleh perwakilan dari FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Sebagai pembuka pada kegiatan konsultasi publik ini, Kepala Desa Jatisela menyampaikan bahwa FLLAJ Kabupaten Lombok Barat sebelumnya telah melakukan sosialisasi atau konsultasi publik ruas jalan Meninting – Midang akan dilakukan penanganan jalan. Jalan ini merupakan jalan jalan kabupaten yang sudah cukup lama diharapkan untuk dilakukan perbaikan. Khususnya di Desa Jatisela, Sesela, dan Midang memiliki prestasi nasional yang cukup baik, tetapi jalan penghubung ketiga desa tersebut dengan kondisi yang sangat buruk. Beliau sangat mengapresiasi adanya perbaikan jalan yang akan dilakukan pada ruas Meninting – Midang ini yang harapannya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Gunungsari pada umumnya. Beliau menyampaikan bahwa masyarakat Gunungsari harus berbangga hati bahwa perbaikan jalan yang akan dilaksanakan pada Meninting – Midang ini didanai oleh Pemerintah Australia dengan kualitas jalan yang baik dan bagus. Oleh karena itu, beliau mengajak kepada masyarakat Desa Midang, Jatisela, dan Sesela untuk ikut mendukung serta menyukseskan program perbaikan jalan ruas Meninting – Midang guna kepentingan bersama.

Fathurrahman, SH selaku Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa beberapa bulan lalu FLLAJ Kabupaten Lombok Barat tahap pra-design. Dari kegiatan tersebut, masyarakat sangat mendukung rencana perbaikan jalan yang akan dilaksanakan pada ruas Meninting – Midang. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat merupakan wahana koordinasi yang memfasilitasi kepentingan masyarakat dan pemerintah, sehingga apa keinginan dari masing-masing tersebut akan ditemukan suatu titik keputusan. Salah satu tugas FLLAJ yaitu menjembatani kepentingan pemerintah dan masyarakat. Hingga rapat terakhir bulan Februari 2019, aduan dan keluhan dari masyarakat keluhan atau permintaan perbaikan jalan terakait dengan kerusakan jalan ruas Meninting-Midang. Hal itu membuktikan bahwa ketidaksabaran warga untuk segera dilakukan perbaikan jalan pada ruas tersebut. Beliau menyampaikan bahwa FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menerima aduan/keluhan/informasi terkakit dengan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang berada di Kabupaten Lombok Barat baik selama pelaksanaan pekerjaan jalan maupun setelah pekerjaan tersebut selesai. Dalam menerima aduan/keluhan/informasi tersebut, FLLAJ menyediakan media pengaduan baik berupa SMS center, WA, FB, Instagram, Twitter, Box pengaduan yang ditempatkan di setiap kantor desa, maupun pengaduan langsung ke Sekretariat FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Beliau mengajak kepada peserta konsultasi publik untuk mendukung dan ikut terlibat dalam pengawasan tersebut. Serta apabila ada masukan dapat disampaikan kepada FLLAJ dan nantinya FLLAJ akan melanjutkan pengaduan tersebut ke PPK atau konsultan supervise agar segera ditindaklanjuti.

Shantia Sari Dewi selaku Ketua Sekretariat FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan materi terkait dengan SEGESI (Social Environment Gender Equality and Social Inclusion) bahwa pemberi hibah ini melihat sangat penting bahwa setiap proses pembangunan infrastruktur jalan untuk melibatkan atau partisipasi dari semua masyarakat termasuk didalamnya laki-laki, perempuan, penyandang disabilitas, dan ramah anak. Sehingga, informasi dari semua masyarakat sangat dibutuhkan guna kelancaran pembangunan infrastruktur jalan untuk menciptakan infrastructure for all  dengan jalan yang berkesalamatan. Terkait dengan perlindungan anak, dalam proyek pekerjaan ini tidak ada toleran untuk mempekerjakan anak dengan usia dibawah 18 tahun. Disamping itu pula, anak-anak tidak boleh berada di sekitar perbaikan jalan.

Hadi Suwasono selaku Engineer PIUC memperkenalkan bahwa PIUC merupakan konsultan untuk membimbing atau mendampaingi Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat untuk mensukseskan kegiatan PRIM ini. Beliau menyampaikan sejarah PRIM bahwa sejatinya PRIM telah hadir hingga 2013 untuk menangani jalan Provinsi NTB. Hingga tahun 2017, program PRIM baru masuk ke jalan kabupaten yang merupakan satu-satunya jalan kabupaten di Indonesia yang ditangani melalui Program PRIM. Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Lombok Barat harus berbangga hati karena Program PRIM yang merupakan dana hibah dari Pemerintah Australias memilih Kabupaten Lombok Barat untuk ditangani jalannya. Beliau menyampaikan syarat penyaluran dana hibah dari Pemerintah Australia yaitu didanai 100% oleh APBD Kabupaten Lombok Barat terlebih dahulu, setelah itu dinilai atau verifikasi oleh Direktorat Jenderal Bina Marga. Apabila jalan yang telah dilakukan perbaikan tersebut telah memenuhi syarat yang ditetapkan maka akan diganti sebesar-besarnya 40% dari dana yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan bagimana agar proyek ini sukses yaitu antara lain:

a.       Lebar aspal atau badan jalan yaitu 3,5 meter yang dilengkapi dengan bahu jalan pada kiri dan kanan selebar 1 meter dan saluran;

b.      Serta syarat yang sangat penting yaitu dukungan masyarakat setempat. Oleh karena itu, kegiatan konsultasi publik ini dilaksanakan untuk mendapat dukung masyarakat guna menyukseskan kegiatan peningkatan jalan ruas Meninting – Midang.

Beliau menyampaikan keuntungan apabila jalan yang telah diperbaiki:

a.       Jalan bagus, lancar, dan berkeselamatan

b.      Bisnsi akan semakin pesat

c.       Aset akan melambung harganya

d.      Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat akan meningkatkan Sumber Daya.

Pada akhir pemaparannya, beliau mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan perbaikan jalan ini agar sesuai dengan harapan dan kepentingan bersama.

Perwakilan konsultan memberikan informasi teknis terkait dengan perbaikan jalan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Februari – 23 Agustus 2019 (180 hari kalender) pada ruas Meninting – Midang. Pekerjaan paket 6 ruas Meninting – Midang ini akan dilaksanakan oleh Kontraktor PT. Fima Kencana Kerthasari dengan Konsultasn Supervisi CV. Archi Teknik Consultant. Disamping itu pula, beliau memberikan informasi bahwa Masyarakat sekitar jalan diberi peluang bekerja dalam pekerjaan proyek jalan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki-nya bersama tenaga kerja yang didatang-kan dari luar ( hanya upah kerja bukan sub pekerjaan secara total ).

Setelah pemaparan materi dari para narasumber, terdapat sesi diskusi dari peserta konsultasi publik. Perwakilan dari setiap desa menyampaikan apresiasi terhadap pekerjaan jalan yang telah diharapkan sejak lama untuk ruas Meninting – Midang ini. Mereka sangat mengharapkan kualitas baik dari pekerjaan jalan ini sehingga terwujudnya umur jalan yang telah direncanakan sebelumnya. Disamping itu pula, mereka siap mendukung dan menyukseskan kegiatan ini sehingga jalan ruas Meninting – Midang dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.