x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik Tahap Pra-Konstruksi Paket 8 PRIM Ruas Dasan Tereng - Sembung

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat bersama dengan CV. Archi Teknik Consultant kembali melaksanakan konsultasi publik paket pekerjaan PRIM P8 ruas Dasan Tereng – Sembung. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Maret 2019 di Aula Kantor Desa Sembung ini dihadiri oleh masyarakat setempat yang terkena dampak langsung pada pekerjaan yang akan berlangsung sejak tanggal 25 Februari hingga 23 Agustus 2019 termasuk di dalamnya keterwakilan perempuan dan penyandang disabilitas. Konsultasi publik yang dilaksanakna pada tahap pra-konsruksi ini bertujuan untuk memberikan informasi teknis terkait pekerjaan jalan yang akan berlangsung pada ruas Dasan Tereng – Sembung.

Kepala Desa Sembung memberikan sambutan sebagai pembuka dalam kegiatan konsultasi publik ini menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang telah mencanangkan pembangunan dari pinggiran atau desa. Pembangunan yang akan dilaksanan ini sangat melibatkan masyarakat setempat karena masyarakatlah yang lebih mengetahui jalan setempat. Sehingga diharapkan masukan terkait dengan perencanaan maupun pelaksanaan jalan agar berjalan dengan lancer. Saudara penyandang disabilitas dan keterwakilan perempuan juga diundang atau dilibatkan dalam proses pembangunan jalan untuk ikut memberikan masukan terhadap pekerjaan jalan yang akan berlangsung. Dengan adanya perbaikan jalan di ruas Dasan Tereng – Sembung ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mempunyai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, beliau mengharapkan dukungan guna menyukseskan pekerjaan jalan yang telah diharapkan bersama sejak lama.

Fathurrahman selaku Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa FLLAJ mempunyai kewajiban untuk menyalurkan aduan/keluhan/informasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui media pengaduan yang telah disediakan. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat telah banyak menerima keluhan warga terkait dengan kerusakan jalan yang berada di ruas Dasan Tereng – Sembung ini. Warga Desa Dasan Tereng, Mekarsari, dan Sembung patutu berbangga hati bahwa Pemeirntah Kabupaten Lombok Barat telah memilih ruas Dasan Tereng – Sembung akan dilakukan rehabilitasi jalan dengan pembiayaan melalui dana hibah PRIM yang telah dikenal dengan kualitas yang sangat baik. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat juga melakukan mediasi atau kondultasi publik untuk paket denagn sumber pembiayaan lain seperti DAK dan DAU. Beliau mengharapakan adanya keterlibatan masyarakat dari proses perencanaan hingga pelaksanaannya sehingga manfaat jalan tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat.

IAO Suwati Sideman selaku Ketua Pokja FLLAJ Kabupaten Lombok Barat memaparkan materi terkait dengan Social, Environment, Gender Equality and Social Inclusion (SEGESI). Beliau menyampaikan bahwa perempuan juga dapat terlibat dalam proses pembangunan jalan. Keterlibatan perempuan tidak semata-mata meninggikan derajat atau jabatannya di atas lelaki, tetapi keterlibatan perempuan tersebut semata-mata untuk menyamaratakan hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Masyarakat setempat dapat mengambil peran untuk terlibat langsung pada proses pekerjaan jalan di ruas Dasan Tereng – Sembung ini tetapi dengan syarat atau kualifikasi tertentu. Proyek pekerjaan ini sangat mengutamakan keselamatan sehingga selama pekerjaan berlangsung agar anak kecil tidak berada di dalam wilayah pekerjaan jalan. Selain itu pula, pekerja pada proyek pekerjaan ini tidak boleh dibwah 18 tahun sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. Sehingga, beliau mengharapkan apabila ada temua seperti itu masyarakta setempat dapat ikut mengawasi dan memberikan informasi tersebut kepada FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Hadi Suwasono menyampaikan gambaran program PRIM di Kabupaten Lombok Barat. Seperti yang telah diketahui bersama, program PRIM telah dimulai sejak tahun 2013 namun hanya sebatas jalan provinsi saja. Kemudian pada tahun 2017, program PRIM masuk ke Kabupaten Lombok Barat yang merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang merasakan program PRIM. Oleh karena itu, beliau menyampaikan masyarakat Desa Dasan Tereng, Mekarsari, dan Sembung patut bersyukur dan berbangga hati bahwa program PRIM memilih ruas Dasan Tereng – Sembung dan 4 paket lainnya yang akan dilakukan penanganan pada tahun terakhir keberadaan program PRIM di Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan bagaimana mekanisme penyaluran dana hibah yaitu 100% pembiayaan didanai terlebih dahulu oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Setelah dilakukan pemeriksaan atau verifikasi yang cukup ketat oleh pengawas dari Direktorat Jenderal Bina Marga sebanyak 3 kali, akan dikembalikan sebesar-besarnya 40% dari dana yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Adapuin syarat teknis yang cukup dari pemberi hibah yaitu lebar jam harus 3,5 meter dengan bahu jalan yang berada pada sisi kiri dan kanan selebar 1 meter serta saluran. Disamping itu pula kemiringan jalan juga sangat diperhatikan. Selain itu, terdapat syarat non teknis yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yaitu terkait dengan dukung dari masyarakat setempat untuk menyukseskan pekerjaan jalan pada ruas Dasan Tereng – Sembung ini. Masukan dan saran dari masyarakat setempat sanagt diperlukan selama 1 bulan ini dalam masa rekayasa lapangan sebelum pekerjaan konstruksi dimulai.

Ruas Dasan Tereng – Sembung yang akan dilaksanakan oleh PT. Karya Tamanusa ini dimulai dari tanggal 25 Februari hingga 23 Agustus 2019 (180 hari kalender). Konsultan Supervisi memberikan informasi teknis terkait dengan pekerjaan jalan yang akan berlangsung ini.

Pada sesi diskusi, Zainal Abidin selaku Penyandang Disabilitas Desa Lendang Re menyampaikan harapannya agar jalan yang dibangun dapat ramah disabilitas sehingga dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat.

Disamping itu pula Ibu Desi Kurniawati selaku perwkailan perempuan Desa Dasan Tereng meminta kepada pelaksana pekerjaan jalan ini agar meletakkan cermin cembung pada tikungan tajam yang ada pada ruas ini. Hal ini sangat membantu pengguna kendaraan bermotor agar lebih berhati-hati terutaman untuk pengendara perempuan.