x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Rapat TP3J Bulan Maret Tahun 2019

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat menghadiri rapat bulanan TP3J pada hari Kamis, 14 Maret 2019 pukul 14.00 bertempat di Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat ini membahas terkait dengan persiapan verifikasi tahap I yang akan dilaksanakan pada Bulan Maret tahun 2019 baik untuk Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat maupun FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Disamping itu, pembahasan terkait dengan persiapan e-catalog juga dibahas pada rapat yang dihaidiri oleh anggota tim TP3J itu sendiri. Beliau mengharapkan dalam rapat ini akan membuahkan banyak masukan dari aggota tim untuk keberlanutan fungsi dan peran TP3J pada tahun-tahun berikutnya guna memperkuat tim TP3J sehingga apa yang telah dilakukan tahun ini dapat diteruskan dan dapat bermanfaat secara maksimal.

Akhmad Hambali selaku Kepala bIdang Bina Marga Dinas PUTR Kanupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa e-catalog hingga saat ini masih dalam proses, harapannya minggu depan dapat terealisasi dan dapat digunakan di Kabupaten Lombok Barat.

M. Husni selaku Kasi Pemeliharaan Teknis Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa berkaitan dengan verifikasi I, Dinas PUTR Kabupaten Lombok masih terdapat 3 item yang kurang yaitu terkait dengan site meeting; dokumen TP3J; serta permasalahan e-catalog itu sendiri. Harapannya, sebelum verifikasi terlaksana semua item verifikasi dapat terselesaikan dengan baik.

L. Sahabbudin selaku perwakilan PIUC menyampaikan suatu informasi bahwa terdapat perubahan mendasar terkait dengan urusan jalan daerah yang sejatinya berada di Direktorat Jenderal Bina Marga, dimulai dari bulan Februari 2019 terjadi perubahan kewenangan yang saat ini berada di tangan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR. Berkaitan dengan hal tersebut pula, terjadi perubahan PMM yang menyebabkan adanya kemunduran jadwal verifikasi yang sejatinya akan dilaksanakan pada bulan Maret menjadi bulan April 2019. Untuk jadwal pasti hingga saat ini belum terbit menunggu PMM yang akan di tanda tangani oleh Sekretaris Jenderal Bina Marga. Disamping itu pula, PIUC telah melakukan monitoring terhadap pelaksanaan konsultasi publik tahap pra-konstruksi yang terlaksana dari hari Selasa (12-14 Maret 2019). Bahwasannya terdapat peningkatan kualitas dari konsultasi publik itu sendiri, salah satu bukti peningkatan tersebut yaitu keterlibatan jumlah perempuan dan penyandang disabilitas yang ikut terlibat aktif dan memberikan masukan terhadap pembangunan jalan yang berlangsung.

Tejo selaku Tim SEGESI PIUC menyampaikan bahwa masalah partisipasi dan peran serta wanita dalam konsultasi publik dinilai sangat efektif. Dengan mengimplementasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disusun sebelumnya tersebut dapat mewujudkan konsultasi publik yang lebih efektif.