x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Kunjungan Tim CoST ke FLLAJ Kabupaten Lombok Barat

Gerung - Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat kedatangan tamu dari tim CoST yaitu Mr. Hamis dan Clara Feng pada hari Kamis, 20 Juni 2019 bertempat di Sekretariat FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Hamish merupakan salah satu orang yang merancang Program PRIM yang fokus terhadap dampak sosial terhadap pembangunan infratsruktur.

Pada kedatangannya ke FLLAJ Kabupaten Lombok Barat kali ini untuk menjelaskan 3 (tiga) hal yang sangat penting yaitu aspek apa saja yang akan dikerjakan melalui CoST; gambaran keseluruhan terkait dengan CoST; solusi untuk efektifitas program CoST di daerah khususnya Kabupaten Lombok Barat.

Sebelum menyampaikan gambaran CoST tersebut, Fathurrahman selaku Sekretaris FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menjelaskan gambaran singkat terkait dengan FLLAJ di Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan bahwa FLLAJ di Kabupaten Lombok Barat telah bekerja dengan efektif sesuai dengan tupoksinya dengan keanggotaan 50% pemerintah dan 50% non pemerintah. Adapun keterlibatan non pemerintah di dalamnya juga termasuk kelompok perempuan dan disabilitas. Selain menerima aduan/keluhan dari masyarakat, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat juga menindaklanjuti aduan tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak terkait. Isu lingkungan dan sosial juga sangat diperhatikan oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dalam pembangunan infratsruktur jalan yang berlangsung.

Imam Arief selaku Kepala Tenaga Ahli IT FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan keterbukaan data pekerjaan sesuai dengan implementasi program CoST yang telah terupdate pada website FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan bahwa 40 mata data pekerjaan jalan yang diupdate setiap bulannya tidak haya paket pekerjaan PRIM saja tetapi juga paket pekerjaan DAK maupun DAU yang berlangsung di Kabupaten Lombok Barat. Kemudian, beliau pun menjelaskan kepada tim CoST terkait dengan aplikasi berbasis android Pelaporan Masyarakat (Pelor Mas) yang telah berjalan dengan baik di masyarakat dalam menyampaikan aduan/keluhan/informasi terkait dengan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan.

Setelah itu Mr. Hamis menjelaskan gambaran umum terkait dengan CoST. CoST mendorong nilai yang lebih baik dari investasi dalam infrastruktur publik. CoST disnin meningkatkan trasnparansi dan akuntabilitas terhadap penyelenggaraan infratsruktur jalan yang merupajkan standar global. Selain itu, CoST juga merupakan katalis penting untuk perubahan yang dapat mengubah kehidupan. Dalam program CoST tersebut dapat memberikan manfaat bagi pemerintahan, bisnis, serta masyarakat untuk kualitas hidup yang lebih baik.