x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Koordinasi dengan Pihak Lapangan Golf GEC Rinjani

Sehubungan dengan adanya permasalahan dengan lahan lapangan golf GEC Rinjani yang terkena dampak pada pekerjaan jalan ruas Keru – Suranadi, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat melakukan koordinasi dengan pemiliknya pada hari Senin, 17 Juni 2019. Kegiatan ini dihadiri pula kontraktor dan konsultan paket P10. Kepala Desa Golong, serta PIUC.

Pemilik lapangan golf, Ibu Kaori merasa tidak mengetahui terkait dengan rencana pekerjaan jalan yang berlangsung di depan lahannya tersebut. Beliau merasa keberatan akan penebangan pohon yang berada di depan lahan GEC Rinjani tersebut dikarenakan merusak pemandangan serta dari sisi keamanan lapangan golf tersebut. Disamping itu pula, beliau mengeluhkan dan mengkhawatirkan pipa besar yang melintang di lereng depan lapangan golf akan membanjiri lahan dari pekearangan GEC rinjani tersebut.

Fathurrahman selaku Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan bahwa sebelumnya terkait dengan perencanaan jalan ini telah dilaksanakan kegiatan konsultasi publik baik dari tahap design maupun tahapan sebelum pekerjaan dimulai. Pada saat konsultasi publik tersebut telah dijelaskan kepada warga setempat yang berada di pinggir jalan terkait dengan rencana pembangunan jalan ruas Keru – Suranadi. Termasuk pemilik lapangan golf GEC Rinjani pun telah diundang oleh pihak desa pada saat itu, namun berhalangan hadir karena berada di luar kota. Beliau pun memberikan penjelasan bahwa pekerjan jalan ruas Keru – Suranadi merupakan pekerjaan program PRIM dimana Pemerintah Kabupaten Lombok Barat diberikan dana hibah dari Pemerintah Australia. Pemberian dana hibah tersebut harus melalui verifikasi yang cukup ketat dari Tim Teknis yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Australia dengan beberapa persyaratan. Salah satu dari persyaratan tersebut yaitu lebar jalan 4,5 meter dengan bahu kiri kanan dengan lebar masing-masing 1 meter. Untuk di depan lapangan golf ini, beliau memberikan penjelasan lagi bahwa guna meminimalisir terkenanyan lahan warga di sebelah kanan, maka pelebaran dilakukan ke sebelah kiri yang mengenai pohon-pohon di bahu jalan tersebut. Beliau memberikan pejelasan pula nantinya akan diberikan saluran tertutup sehingga pipa melintang yang ditanam di dalam lereng tersebut airnya tidak langsung terkena ke lahan golf.

Rezha dari PIUC menyampaikan pula bahwa pembuatan talud sebesar itu di depan lapangan golf tersebut agar memperkuat lereng sehingga tidak mudah amblas. Untuk kemanana dari pengguna jalan nantinya akan diletakkan guadraill dengan reflector yang dapat menyala di atas bukit sehingga keamanan pengguna kendaraan bermotor akan terjamin sebagai pengganti pohon yang telah ditebang.

Keputusan akhirnya Kaori meminta gambar rencana atau shop drawing dari pekerjaan jalan di depan lapangan GEC Rinjani, sehingga beliau dapat merencanakan kembali apa yang harus dilakukan khususnya untuk keamanan dari GEC Rinjani tersebut.

Kepala Desa Golong menyampaikan apresiasi terhadap kerelaan pemilik GEC Rinjani ini untuk kepentingan bersama. Dimana, perbaikan jalan ini juga guna meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke Desa Golong yang mempunyai beberapa tempat wisata.