x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Kunjungan Minister Counsellor Australian Embassy

Mataram - Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat kunjungan dari Kedutaan Australia pada hari Senin, 8 Juli 2019. Sebagai pembukaan kegiatan ini, L. Bayu Windia selaku Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB menyampaikan selamat datang kepada Allison Duncan selaku Minister-Cousellor Australian Embassy di Jakarta ke Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk melihat hasil dari pemberian bantuan Australian kepada Indonesia. Beliau menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Australa kepada Pemerintah Indonesia khususnya untuk Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Barat untuk membangun jalan yang berkeselamatan.

Selanjutnya, Allison mengunjungi Laboratorium Pusat Rujukan Nasional untuk melihat dokumentasi hasil infrastruktur jalan baik untuk Provinsi NTB maupun Kabupaten Lombok Barat selama adanya program PRIM.

Allison menyampaikan bahwa ini pertama kalinya beliau mengunjungi Provinsi NTB. Kegiatan ini sangat penting untuk melihat ke lapangan hasil dari proyek yang telah didanai oleh Pemerintah Australia. Beliau mengetahui bahwa program ini sangat sukses jika dilihat dari Program HIbah Jalan Daerah (PHJD) yang mengimplementasikan program PRIM untuk daerah lainnya di Indonesia. Tidak hanya kemantapan jalan saja yang perlu ditingkatkan, tetapi inovasi yang berkaitan dengan teknologi untuk jalan juga sangat diperlukan, seperti aplikasi Pelaporan Masyarakat (Pelor Mas) yang telah berjalan dengan baik di NTB. Beliau menyampaikan pula bahwa FLLAJ telah bekerja dengan sangat hebat sebagai wada koordinasi antar instansi penyelenggara lalu lintas untuk permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan. Kemudian, beliau tertarik untuk setiap cerita keberhasilan dari mitra-mitra Pemerintah Australia.

Pada kesempatan ini, sebagai perwakilan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, Shantia Sari Dewi menyampaikan bagaimana efektifnya FLLAJ bekerja di Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampakan bahwa FLLAJ melaksanakan konsultasi publik untuk setiap pekerjaan infrastruktur jalan di Kabupaten Lombok Barat tidak hanya pada tahap pra-konstruksi saja, melainkan pada tahap pra-desain, desain, maupun tematik pada saat pekerjaan berlangsung apabila ada terjadi konflik di masyarakat. Beliau pula menyampaikan kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dalam medukung program kesetaraan gender dan inklusi sosial serta perlindungan anak dalam pekerjaan infrastruktur jalan.

Selanjutnya, Allison melakukan kunjungan ke paket pekerjaan jalan program PRIM yang saat ini sedang berjalan di ruas Gerung – Bantir. Beliau melihat bagaimana pekerja perempuan untuk ikut bekerja dengan dan mendapatkan kesempatan serta hak yang sama dengan laki-laki.