x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Desa Dasan Tereng

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Dasan Tereng pada pukul 09.30 WITA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa bagaimana pentingnya pemeliharaan jalan yang telah dibangun dengan sangat baik melalui dana hibah Pemerintah Australia dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat dari bulan Maret 2019 yang saat ini telah rampung dikerjakan. Beliau atas nama masyarakat Desa Dasan Tereng menyampaikan terima kasih atas akses jalan yang telah dibangun dengan kualitas yang sangat baik.

Pentingnya keberadaan dan fungsi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Lombok Barat disampaikan oleh PLH Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat. Beliau memaparkan secara singkat tentang FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. FLLAJ Kabupaten Lombok Barat merupakan suatu wadah untuk menyampaikan aspirasi ataupun masukan/keluhan terkait dengan lalu lintas dan angkutan jalan. Beliau mengharapkan peran aktif dari masyarakat untuk menyampaikan keluhannya tersebut untuk membantu Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Dengan aduan dari masyarakat tersebut, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat merasa terbantu untuk aduan yang berkaitan dengan jalan yang bersifat ‘urgent’. Harapannya, dengan telah selesainya rehabilitasi jalan ruas Dasan Tereng – Sembung ini dapat dirawat secara bersama oleh masyarakat sekitar.

Fathurrahman selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat memaparkan terkait dengan pentingnya menjaga fasilitas keselamatan jalan. Melalui kesempatan ini, beliau menyampaikan apresiasi terhadap keterlibatan dan partisipasi dalam pelaksanaan pekerjaan jalan yang berlangsung dari Bulan Februari – Agustus 2019 untuk ruas Dasan Tereng – Sembung. Tidak kalah pentingnya pula beliau menyampaikan bagaimana cara menjaga selanjutnya untuk pemeliharaan jalan dan fasilitas keselamatan jalan seperti rambu dan marka jalan yang telah terpasang dengan baik. Bentuk tanggung jawab secara struktural terkait dengan kewenangan jalan berada di Dinas PU, untuk fasilitas keselamatan jalan terdapat di Dinas Perhubungan. Masyarakat secara struktural tidak mempunyai tanggung jawab, namun bagaimana cara menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap apa yang ada di sekitarnya merupakan tanggung jawab dari masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar perlu menjaga saluran yang sudah dibersihkan serta dibangun dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, bagaimana agar saluran tersebut terbebas dari sampah dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat telah meletakkan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di depan SD dengan harapan dapat memberikan rasa keamanan bagi anak-anak ketika berangkat dan pulang sekolah. Disamping itu pula, di beberapa lokasi telah ditempatkan guide post  untuk memberikan rasa aman bagi pengendara lalu lintas apabila sisi jalan dengan keadaan curam. Namun, beberapa hari yang lalu FLLAJ Kabupaten Lombok Barat melakukan monitoring dan evaluasi melihat beberapa reflector yang berada di guide post telah dicabut atau di robek oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal inilah yang sangat disayangkan bagaimana rasa kepemilikan tersebut harus tumbuh di masyarakat. Diharapkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan demi kepentingan bersama.

Shantia Sari Dewi menyinggung hal terkait dengan pentingnya keterlibatan perempuan dan penyandang disabilitas dalam pemeliharaan jalan dan keterlibatannya dalam pengawasan.

Juandi selaku ketua Bunga Sampah Lestari menyampaikan materi terkait dengan pengelolaan sampah yang menghasilkan nilai ekonomis. Beliau memaparkan bagaimana pentingnya pemilahan sampah organik dan anorganik yang dimulai dari sampah rumah tangga.

Dalam kegiatan ini terdapat sesi tanya jawab dari peserta sosialisasi kepada narasumber. Para peserta sebagian besar menyampaikan keluhannya terhadap kendaraan besar yang menjadikan ruas Dasan Tereng – Sembung sebagai jalan alternatif untuk menghindari jembatan timbang. Perlu adanya sanksi atau penertiban yang tegas dari dinas terkait akan hal ini sehingga jalan yang yang telah baik dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat tidak cepat mengalami kerusakan karena dilewati oleh kendaraan dengan kapasitas berlebih sehingga dapat tercapainya umur rencana jalan.

Setelah narasumber menanggapi pertanyaan dari peserta sosialisasi ini, kegiatan ini ditutup oleh Kepala Desa Dasan Tereng pada pukul 12.00 WITA