x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

FORUM LLAJ KABUPATEN LOMBOK BARAT MENGHADIRI FORUM SKPD LOMBOK BARAT 2017

Agenda Rapat  : Musrenbang Kabupaten Lombok Barat Dalam Rangka Penyusuna RKPD 2018

Hari                 : Selasa

Tanggal            : 28 Februari 2017

Waktu              : 08.00 – 16.00

Tempat            : Aula Kantor Bupati Lombok Barat dan Aula BAPPEDA Lombok Barat

Peserta Rapat   : Absensi Terlampir

 

Agenda Musrenbang dibuka oleh Bapak Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, serta mendengarkan paparan dari Bapak Wakil Ketua DPR 2 dan Kepala BAPPEDA, DR. H. Baehaqi, S.Si., M.Pd., MM dengan tema Musrenbang yaitu ‘Penguatan Sinergi dan Integritasi Program Penanggulangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Pengelolaan Pasca Panen, Mutu Layanan Sosial Dasar Serta Pemantapan Infrastruktur Daerah’, dengan hasil sebagai berikut:

  1. Untuk bagian anggaran, target yang akan dicapai untuk tahun 2017 yaitu sebesar 1.700M atau 1,7 T. Sedangkan untuk tahun sebelumnya, yaitu tahun 2016, capaian dana yang telah dipergunakan sebesar 1.605 M. Penggunaan dana untuk tahun 2017 tersebut akan dialokasikan 50% untuk belanja langsung, dan 50% lainnya untuk belanja tidak langsung. Dalam anggaran 50% untuk belanja langsung, 40% nya digunakan untuk Musrenbang yang akan dibagi ke 10 kecamatan dengan pelaksanannya tergantung pada instansi yang terkait.
  2. Pada masalah kemiskinan, terjadi deviasi sebesar -2%. Capaian target kemiskinan untuk tahun 2017 yaitu sebesar 15,38%. Sedangkan, faktanya di lapangan terjadi peningkatan angka kemiskinan dari yang sebelumnya 17,11% menjadi 17,38%.
  3. Kemiskinan pada Kabupaten Lombok Barat, terbagi menjadi dua yaitu, kultural dan struktural. Kemiskinan kultural terjadi karena sifat malas yang dimiliki oleh individual masyarakat Lombok Barat. Sedangkan kemiskinan struktural terjadi karena kurangnya pembangunan struktur yang ada di Kabupaten Lombok Barat.
  4. Pada bidang pertanian, diperlukan 1 konsultan tani pada setiap desa yang berfungsi untuk megawal pasca panen. Sehingga, ada yang membantu petani pada saat musim panen tiba serta mengarahkan agar tdak terjadi gagal panen.
  5. Untuk pemantapan infrastruktur daerah, lebih diarahkan ke jalan usaha tani, jalan printis, saluran irigasi, dan sarana pendidikan.

Pada saat diskusi dilaksanakan, terdapat usulan tambahan dari Camat dari setiap kecamatan, diluar dari kegiatan prioritas hasil Musrenbang Kecamatan menurut SKPD tahun 2018.