x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Sosialisasi Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat di Kecamatan Lingsar

Lingsar – kegiatan Sosialisasi Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat terus dilaksanakan guna memasyaratkan serta memperkenalkan Forum LLAJ kepada masyarakat. Pada pekan ke-4 bulan April 2017 tepatnya pada tanggal 27 April, dilaksanakan sosialisasi di Aula Kantor Camat Lingsar pada pukul 09.00 Wita hingga selesai. Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari unsur desa, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh pemuda, serta kaum difabel.

Dalam kegiatan ini diisi pemateri yang berasal dari Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Polres Mataram, Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, Anggota Pokja FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, serta PRIM-PIUC.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Syaiful Huda selaku Anggota Pokja Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan terkait forum secara detail serta Standar Operasional Prosedur (SOP). Adapun 9 (sembilan) SOP tersebut antara lain:

  1. SOP FLLAJ memberikan masukan kepada PRIM;
  2. SOP FLLAJ mengemban tugas dan fungsi koordinasi;
  3. SOP FLLAJ perlindungan anak;
  4. SOP FLLAJ terlibat Musrenbang;
  5. SOP FLLAJ keluhan masyarakat;
  6. SOP FLLAJ konsultasi publik;
  7. SOP FLLAJ monitoring dan evaluasi;
  8. SOP FLLAJ perencanaan dan penganggaran;
  9. SOP FLLAJ update website.

Dalam paparannya, beliau menyampaikan media pengaduan yag telah disiapkan untuk memudahkan masyarakat memberikan aduan/keluhan/laporan terkait dengan masalah jalan raya dan lalu lintas.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat memaparkan materi terkait dengan kebijakan perhubungan. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan perlu peningkatan pelayanan moda transportasi dan trayek yang telah aktif maupun belum di Kabupaten Lombok Barat. Disamping itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat juga berupaya untuk memenuhi dan meningkatkan rambu-rambu lalu lintas.

IPDA Putri Risma selaku Kanit Dikyasa Polres Mataram menyampaikan materi terkait keselamatan dalam berlalu lintas. Beliau memaparkan 4 penyebab kecelakaan yang kerap terjadi di jalan, antara lain: Faktor manusia; Faktor kendaraan; Faktor jalan; dan Faktor cuaca. Beliau juga memperkenalkan kepada peserta sosialisasi aplikasi terbaru dari Kepolisian Republik Indonesia yaitu e-tilang. Aplikasi tersebut dipergunakan masyarakat untuk memudahkan dalam membayar tilang kendaraan bermotor.

IPDA Eka selaku Unit Pelanggaran menjelaskan secara jelas terkait aplikasi e-tilang. Aplikasi ini didukung oleh Polri, Pengadilan, serta Kejaksaan. E-tilang digunakan Polri dengan sistem berasis andorid.

Ni Luh Putri Utami,ST.,MT.,MSc selaku Kasi Perencanaan Teknis Dinas PU Kabupaten Lombok Barat memaparkan materi terkait jalan serta paket penanganan PRIM untuk kecamatan Lingsar.

Rezha Fryanka selaku engineer PRIM-PIUC Kabupaten Lombok Barat memaparkan materi terkait PRIM serta penanganannya untuk mengawai proyek PRIM di Nusa Tenggara Barat.

Saat kegiatan sosialisasi berlangsung, terdapat sesi diskusi atau tanya jawab. Terdapat sejumlah keluhan/aduan/laporan terkait dengan kondisi jalan serta lalu lintas yang terdapat pada daerah mereka, seperti jalan berlubang; lampu jalan yang mati; maupun harapan masyarakat terkait keterlibatan anggota kepoisian untuk ikut mengamankan murid sekolah pada saat jam masuk dan pulang sekolah. Dalam sesi ini, sebagian besar keluhan/aduan/laporan dapat dijawab langsung oleh narasumber.

Peserta sosialisasi sangat antusias dan mengapresiasi kehadiran Forum LLAJ di Kabupaten Lombok Barat dan berharap dapat bekerja semaksimal mungkin berdasarkan dengan tupoksinya.