x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Rapat Bulan Mei Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat

Gerung - Sesuai dengan agenda yang telah ditentukan, rapat bulan Mei dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Mei 2017 pada pukul 09.00 – 11.30 WITA bertempat di Aula Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat. Dalam rapat bulan Mei ini membahas terkait dengan:

1. Usulan masyarakat serta tindak lanjut aduan periode bulan April hingga pelaksanaan rapat,

2. Usulan masyarakat dalam sosialisasi serta konsultasi public

3. Laporan hasil monitoring FLLAJ Kabupaten Lombok di Pasar Gunung Sari dan Kediri

4. Laporan pra-verifikasi tahap I pada bulan Juni tahun 2017.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, perwakilan Dinas Perumahan dan Permukiman Kab. Lombok Barat, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat, perwakilan Bapenda Kabupaten Lombok Barat, Polres Lombok Barat, ketua Pokja FLLAJ NTB, ketua Pokja FLLAJ Lombok Barat, anggota forum LLAJ Kabupaten Lombok, serta anggota secretariat FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Rapat Bulan Mei dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok selaku Ketua Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agenda terkait dengan rapat bulan Mei. Beliau menyampaikan bahwa aduan/keluhan/laporan paling dominan yang masuk ke Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat terkait dengan masalah jalan, penerangan jalan, serta sampah. Dalam sambutannya juga, beliau menyampaikan masalah terkait dengan Pasar Gunung Sari dan Kediri. Beliau mengatakan adanya rencana dari tahun lalu terkait dengan pemindahan pasar Gunung Sari di sebelah utara Kantor Camat Gunung Sari.

Gita Maya selaku staff FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan sejumlah aduan yang telah masuk ke FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Barat, serta Dinas Lingkungan hidup menanggapi segala keluhan/aduan/laporan yang telah dihimpun oleh sekretariat FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Untuk beberapa aduan dapat ditanggapi, dan sejumlah lainnya perlu dilakukan verifikasi langsung ke lapangan.

IAO Suwati Sideman, ST.,MSc selaku Ketua Pokja FLLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan hasil monitoring lapangan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat bersama dengan dinas Perhubungan, Disperindag, Bapenda, Bappeda, Kepolisian, serta PRIM ke Pasar Gunung Sari dan Kediri. Dalam kesempatannya, beliau memarpakan kondisi lalu lintas ruas jalan di depan pasar tersebut, kondisi ruang parkir serta terminal yang telah dialihfungsikan menjadi tempat berdagang, serta kondisi sampah di kedua pasar tersebut. Beliau juga menyampaikan hasil usulan dari ketua pasar Gunung Sari untuk dibuatkan sebuah tangga tambahan sebagai akses para pedagang menaikkan dagangannya ke lantai dua sehingga tidak ada lagi pedagang yang berjualan di parikiran pasar.

Baik Dinas Lingkungan Hidup maupun Bapenda yang hadir dalam rapat ini menerima masukan dan usulan tersebut yang nantinya akan dibahas oleh tim teknis SKPD terkait.

I Wayan Suteja selaku Ketua Forum LLAJ Provinsi NTB memberikan apresiasi atas keatifan FLLAJ di tingkat kabupaten Lombok Barat. Beliau menyampaikan 4 hal yang sangat terpenting dalam forum, antara lain:

1. Transpalansi

2. Terbuka dalam mengambil peran

3. Komitmen

4. Tuntas dalam menindaklanjuti permasalahan

Davey Kusmayadi selaku perwakilan PRIM-PIUC menyampaikan bahwa verifikasi untuk Kabupaten Lombok Baat akan dilakukan pada tanggal 19-23 Juni 2017 dan beliau mengharapkan baik FLLAJ Kabupaten Lombok Barat maupun Dinas PUPR Kabupaten Lombk Barat agar mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan item verifikasi sehinggan memperoleh dana hiba maksimal dari Pemerintah Australia. Beliau juga berpesan untuk bekerja semaksimal mungkin mengingat Kabupaten Lombok Barat merupaka Pilot Project untuk wilayah kabupaten.