x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Rapat Persiapan Verifikasi PRIM Tahap I untuk Dinas PU dan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat

Gerung - Rapat persiapan verifikasi tahap I bulan Juni tahun 2017 untuk Dinas PU dan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Mei 2017 pukul 09.00 Wita s.d selesai bertempat di Ruang Rapat Excavator Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas UPR Kabupaten Lombok Barat, Kepala Balai Jalan Provinsi NTB, Kabid Perencanaan Sarana dan Prasarana Wilayah Bappeda Kabupaten Lombok Barat, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Kabid Perhubungan Darat Dishub Kabupaten Lombok Barat, Ka. UPT PKB Dishu Lobar, Kasi Perencanaan Teknis Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kab. Lobar, Kasi Pemeliharaan Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kab. Lobar, Pengamat jalan Lobar, Juru Jalan Lobar, PIUC, serta FLLAJ Kab. Lobar.

Rapat dibuka pada pukul 09.30 Wita oleh Ir. I Made Arthadana, MM selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lombok Barat. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan alokasi DAU, DAK, serta dana hibah PRIM sebesar 33 miliar untuk paket penanganan jalan oleh PRIM P1, P2, dan P3 (swakelola) yang terdiri dari:

P1 : 11 ruas sepanjang 25 km

P2 : 37 ruas sepanjang 70 km

P3 (swakelola) : 16 ruas sepanjang 40 km

Dalam paparannya, beliau menyampaikan 10 item dari 16 item verifikasi yang telah dicapai oleh Dinas PU Kabupaten Lombok Barat. Untuk sisanya, akan dilaksanakan setelah tanda tangan kontrak berlangsung yaitu pada tanggal 2 Juni 2017. Beliau mengharapkan adanya pembelajaran khusus dari Dinas PU Provinsi sehingga mendapat dana hibah PRIM secara maksimal.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat menyampaikan 9 item verifikasi yang harus dicapai oleh FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Hingga pelaksanaan rapat ini berlangsung, hanya 1 item yang belum tercapai yaitu Hadir dalam Kosultasi Publik Paket Penangan PRIM tahun 2017. Konsultasi Publik rencananya akan dilaksanak pada hari Senin, 5 Juni 2017.

L. Sahabbudin menjelaskan setiap item verifikasi baik untuk Dinas PU dan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat. Dengan memenuhi prosedur tersebut akan mendapatkan hibah maksimal dari Pemerintah Australia. Beliau menjelaskan terkait dengan kegiatan konsultasi publik. Kegiatan ini akan dihadiri oleh masyarakat sekitar ruas jalan pada paket penanganan PRIM baik untuk P1, P2, P3, kontraktor, konsultan supervisi, dan Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Syarifudin selaku Kepala Balai Jalan Provinsi NTB menjelaskan terkait dengan pengalaman provinsi dari tahun-tahun sebelumnya baik untuk fisik maupun non fisik. Beliau memaparkan hasil serta yang telah dicapai oleh provinsi sehingga mendapatkan hibah maksimal dari Pemerintah Australia. Beliau menyampaikan bahwa NTB akan dijadikan sebagai laboratorium tata kelola penanganan jalan sehingga hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri bagi provinsi maupun kabupaten. Perlindungan terhadap tenaga kerja sangat ditekankan oleh beliau. Karena apabila hal tersebut ditemukan di lapangan, tidak ada toleransi sedikitpun oleh pihak Australia.

Rapat Persiapan Verfikasi Tahap I Bulan Juni tahun 2017 ditutup oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada pukul 11.30 Wita.