x

Apa yang bisa kami perbaiki dari website ini?

Berita

Home / Berita

Konsultasi Publik P1 (Montong Buwuh-Lendang Bajur) Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat

Gunungsari - Sesuai agenda yang telah ditentukan, maka diadakan konsultasi publik atas paket penanganan jalan P1 oleh PRIM untuk ruas jalan Montong Buwuh – Lendang Bajur pada hari Senin, 5 Juni 2017 bertempat di Aula Sanggar Kegiatan Belajar Kecamatan Gunungsari. Konsultasi Publik bertujuan untuk memberikan informasi dan sebagai wahana menampung aspirasi masyarakat sekitar paket pekerjaan terkait akan dilakukannya pekerjaan pemeliharaan jalan. Disamping itu, kegiatan ini dilakukan untuk mengsikrronkan paket pekerjaan PRIM dengan keinginan masyarakat dan mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam pengawasan pekerjaan tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang yang terdiri dari Kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Polsek Gunungsari, FLLAJ Kabupaten Lombok Barat, Tim PIUC Kabupaten Lombok Barat, konsultas supervisi, kontraktor, unsure desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Konsultasi Publik di Kecamatan Gunungsari dibuka oleh Fathurrahman, SH selaku koordinator Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat pada pukul 09.30 Wita. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa konsultasi publik ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh konsultan supervisi akan paket penanganan PRIM baik berupa pemeliharaan, BMW, maupun RM.

Sambutan oleh Kepala Bidang Binamarga Dinas Perumahan dan Penataan Ruang Kabupaten Lombok Barat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa konsultasi publik merupakan suatu kewajiban untuk paket semua pake penanganan PRIM. Untuk pekerjaan paket P1 yang akan dilaksanakan selama 5,5 bulan, telah dilaksanakan tandatangan kontrak pada tanggal 2 Juni 2017. Paket pekerjaan PRIM ini, akan dilaksanakan sesuai dengan kriteria dan syarat yang telah ditentukan dalam PMM Amandemen PRIM. Dalam paparannya, beliau mengharapkan agar terjalinnya kerjasama baik antara kontraktor, konsultan supervisi, maupun masyarakat sekitar sehingga dapat terciptanya suatu pekerjaan yang diharapkan oleh segala pihak.

Fathurrahman, SH selaku koordinator Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat menyampaikan penjelasan singkat terkait dengan tupoksi forum lalu lintas dan angkutan jalan sebagai wahana koordinasi antar instansi penyelenggara llaj. Keberadaan forum sebenarnya telah lama terbentuk di kabupaten Lombk Barat dengan merunjuk ke UU no. 22 tahun 2009. Namun, forum tersebut hanya terbentuk saja dan belum berjalan sebagaimana mestinya. Keanggotaan forum pada saat itu dari semua stakeholder yang ada di Lombok Barat. Forum llaj mulai hidup dan berjalan kembali pada tahun 2017 dengan keanggotaan yang lebih efektif yaitu 50:50 dari unsur pemerintah dan non pemerintah sesuai dengan SK Bupati Lombok Barat tentang terbentuknya Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 58A/125/Dishub/2017. Sejak terbitnya SK Bupati tersebut, Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat telah rutin melakukan pertemuan bulanan guna membahas setiap aduan/keluhan/laporan dari masyarakat yang telah dihimpun. Selain itu, FLLAJ juga turut melakukan monitoring dan evaluasi untuk setiap paket penanganan PRIM. Pada akhir paparannya, beliau menyampaikan dan menekankan terkait dengan perlindungan anak dibawah umur. Dimana untuk setiap paket pekerjaan PRIM tidak ada toleransi sama sekali dalam mempekerjakan anak dibawah usia 18 tahun. Sehingga beliau mengharapkan kepada masyarakat juga apabila hal tersebut ditemukan pada saat pekerjaan berlangsung, untuk melaporkan kepada forum ataupun Dinas PU agar segera ditindaklanjuti.

Paparan terkait dengan Program PRIM disampaikan oleh Davey Kusmayadi selaku tim PIUC Kabupaten Lombok Barat. Beliau menjelaskan bahwa PRIM adalah proyek percontohan jalan yang sebagiannya didanai oleh Pemerintah Australia. Tetapi sebelumnya Pemerintah Daerah harus menyiapkan dana penuh terlebih dahulu untuk mengerjakan paket penanganan jalan tersebut. Apabila telah selesai, pemerintah Australia akan mengecek atau memverifikasi pekerjaan tersebut apakah telah memenuhi syarat yang telah ditentukan sebelumnya atau belum. Jika hal tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang dimaksud, pemerintah Australia memberikan dana hibah sebesar 40% dari keseluruhan nilai proyek tersebut. Dalam paparannya, beliau menjelaskan pula terkait dengan permasalahn jalan di Indonesia, kondisi jalan daerah, tugas utama PRIM, lingkup pekerjaan paket program PRIM, serta Undang-Undang Perlindungan Anak.

Pemaparan teknis terkait dengan paket penanganan P1 disampaikan oleh Konsultan Supervisi dari PT. Pola Agung Consultant. Beliau memaparkan bahwa Paket I (Satu) Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan Kabupaten (PRIM) Ruas Jalan Montong Buwuh – Lendang Bajur Sepanjang 4.10 km, Pemeliharaan Rutin Sepanjang 25.79 km dan Backlog Jalan Kabupaten (12 Ruas) Sepanjang 25.19 km dengan total panjang penanganan 55.08 km. Paket pekerjaan P1 tersebut dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT. Kesawa Karya Abadi dan Konsultan Pengawas PT. Pola Agung selama 164 hari kalender mulai tanggal 2 Juni 2017 – 13 November 2017 dengan nilai pekerjaan Rp 14.589.088.000. Lingkup pekerjaannya antara lain pekerjaan utama, pengembalian kondisi dan minor, pekerjaan pemeliharaan rutin.

Dalam Konsultasi Publik Paket P1 ini, terdapat masukan-masukan dari masyarakat sekitar yang telah ditampung oleh Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Konsultan Supervisi, dan Kontraktor untuk dikaji kembali yang tetap mengacu pada volume kontrak pekerjaan.