ISI BERITA

Sosialisasi SOP Forum LLAJ Kabupaten Lobar dan Pra-Konsultasi Publik di Kecamatan Batu Layar

Batu Layar - Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Lombok Barat pada Kecamatan Batu Layar dilaksanakan pada hari Senin, 8 Mei 2017 pukul 09.00 WITA – 12.15 WITA bertempat di Aula Kantor Camat Batu Layar. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang yang terdiri dari Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat, Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, PRIM-PIUC, unsur kecamatan, unsur desa, unsur dusun, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, ketua Pokja FLLAJ kabupaten Lombok Barat, serta anggota FLLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kasi Kessos Kecamatan Batu Layar pada pukul 09.30 WITA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi telah terbentuknya Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Lombok Barat sehingga dapat membantu masyarakat khususnya kecamatan Batu Layar dalam menyampaikan keluhan terkait lalu lintas dan angkutan jalan. Beliau menyampaikan terima kasih atas hadirnya konsultan PRIM karena dapat membantu merehabilitasi jalan yang ada di Gunung Sari – Batu Layar. Beliau mengeluhkan kondisi jalan yang ada saat ini sangat memprihatinkan dan membutuhkan penanganan yang sangat segera. Beliau sangat mengharapkan kepada PRIM dan Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat dapat membantu masyarakat dalam penyampaian keluhan terkait dengan sarana dan prasaran jalan serta masalah lalu lintas.

Fathurrahman, SH selaku Kepala UPTD PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat menjelaskan tujuan dilaksanakannya sosialisasi Forum LLAJ Kabupataen Lombok Barat dalam rangka lebih memasyarakatkan forum sebagai wahana koordinasi antar instansi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan. Tujuan forum LLAJ Kabupaten Lombk Barat tersebut tertuang dan menjadi amanah dalam UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Dalam paparannya, beliau menyebutkan 3 intansi sebagai penyelenggara FLLAJ, antara lain Dinas PU; Dinas Perhubungan; serta Kepolisian. Beliau juga menjelaskan tujuan dilaksanakannya konsultasi publik di Kecamatan Batu Layar ini. Beliau menyampaikan bahwa akan dilaksanakan paket penangnan jalan oleh PRIM (P1) pada ruas jalan di Gunung Sari – Batu Layar. Masyarakat perlu mengetahui serta ikut serta mengawasi setiap kegiatan pemeliharaan jalan yang akan dilaksanakan.

IAO Suwati Sideman, ST., MSc selaku Ketua Pokja FLLAJ Kabupaten Lombok Barat memaparkan materi terkait dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam paparannya, beliau menjelaskan dari sejarah terbentuknya forum, dasar hukum, tugas; pokok; dan fungsi FLLAJ, SOP Forum LLAJ Kab. Lobar (khususnya SOP Keluhan Masyarakat), serta media pengaduan Forum LLAJ Kabupaten Lombok Barat.

Adapun 9 (sembilan) SOP tersebut antara lain:

  1. SOP FLLAJ memberikan masukan kepada PRIM;
  2. SOP FLLAJ mengemban tugas dan fungsi koordinasi;
  3. SOP FLLAJ perlindungan anak;
  4. SOP FLLAJ terlibat Musrenbang;
  5. SOP FLLAJ keluhan masyarakat;
  6. SOP FLLAJ konsultasi publik;
  7. SOP FLLAJ monitoring dan evaluasi;
  8. SOP FLLAJ perencanaan dan penganggaran;
  9. SOP FLLAJ update website.

Rezha Fryanka selaku tenaga ahli PRIM-PIUC memaparkan terkait Program PRIM serta syarat-syarat yang harus dilampaui oleh Dinas PU dan FLLAJ Kabupaten Lombok Barat untuk menerima dana hibah maksimal dari Pemerintah Australia.

Rahmi Sofiarni selaku perwakilan dari PRIM-PIUC memaparkan materi terkait dengan perlindungan anak dan gender. Dalam paparannya, beliau menjelaskan secara detail alasan mengapa masalah mempekerjakan anak di bawah usia 18 tahun sangat tidak bisa ditoleransikan oleh Pemerintah Australia. Dalam paparanya beliau juga mengajak agar masyarakat ikut serta mengawasi paket pekerjaan PRIM. Apabila nantinya terjadi di lapangan pada saat pengerjaan paket PRIM dalam hal melibatkan anak dibawah usia 18 tahun, masyarakat perlu melaporkan kepada Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan agar dapat segera ditindak lanjuti. Proyek hanya menerima pekerja >=18 tahun baik untuk laki-laki dan perempuan, dan yang cacat/diffable dengan ketentuan umur yang sama.

Ni Luh Putri Utami, ST.,MT.,MSc. selaku Kasi Perencanaan Teknis Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat memaparkan materi terkait penanganan jalan (P1) dari program PRIM untuk wilayah Batu Layar dan Gunung Sari. Dalam paparannya beliau juga menjelaskan secara detail terkait dengan klasifikasi jalan, definisi jalan, serta paket ruas jalan yang akan didanai oleh PRIM untuk tahun 2017 di Kecamatan Batu Layar dan Gunung Sari.

Dalam sosialisasi ini, terdapat berbagai aduan/keluhan/laporan dari peserta sosialisasi terkait dengan masalah yang sering mereka jumpai tentang lalu lintas dan jalan raya. Permasalahan kerusakan jalan merupakan keluhan yang paling dominan yang dialami oleh masyrakat Batu Layar maupun Gunung Sari.

Segala bentuk pertanyaan maupun keluhan telah ditanggapi serta menampung saran oleh Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat maupun dinas terkait yang hadir.

>